SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ubi jalar tidak hanya mengandung karbohidrat tetapi juga nutrisi penting lain yang baik untuk tubuh. Ubi jalar juga mengandung senyawa mirip estrogen yang bisa meringankan nyeri haid.

Rasa sakit menstruasi biasanya disebabkan adanya kontraksi rahim. Selain itu bisa juga nyeri haid karena faktor hormonal (ketidakseimbangan hormon), psikis atau kecemasan berlebihan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ubi jalar telah dikenal sebagai obat alternatif alami untuk terapi estrogen atau dehydroepiandrosterone karena penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa ubi jalar mengandung senyawa yang disebut diosgenin, yang dapat dikonversi menjadi steroid yang berbeda, seperti estrogen, seperti dilansir Livestrong, Senin (14/3/2011).

Ekspedisi Mudik 2024

Ubi jalar dikenal dengan nama berbeda di setiap daerah, seperti American yam, caiapo, China root, colic root, wild yam, natural DHEA, fitoestrogen dan rheumatism root.

Untuk mendapatkan khasiatnya, ubi jalar bisa dimakan langsung dalam bentuk ubi rebus atau diolah menjadi makanan lain. Ubi jalar juga tersedia dalam bentuk bubuk dan pil di beberapa daerah.

Ubi jalar digunakan sebagai terapi pengganti estrogen, serta mengatasi masalah menstruasi, menopause dan osteoporosis. Kegunaan lain seperti mengurangi diverticulosis yaitu penyakit usus, keluhan kandung empedu, dan radang sendi.

Ubi jalar bisa digunakan oleh laki-laki dan perempuan untuk meningkatkan dorongan energi dan seks. Perempuan juga bisa menggunakan ubi jalar untuk pembesaran payudara.

Selain itu, ubi jalar juga banyak mengandung beta karoten (di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A). Vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena salah satu garis pelindung pertama pertahanan tubuh adalah kulit. Vitamin A berperan dalam produksi jaringan ikat yaitu komponen kunci dari kulit.

Ubi jalar juga mengandung dosis karbohidrat yang sehat tanpa menyebabkan lonjakan gula. Aliran energi ini dapat membantu Anda tetap fokus selama berjam-jam dan juga akan menjaga kadar energi.

Tapi sebaiknya hindari ubi jalar jika Anda memiliki masalah kesehatan yang semakin memburuk karena meningkatnya estrogen dalam tubuh, menurut Natural Medicines Comprehensive Database.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya