Ubah Stigma, Petani Milenial Sukoharjo Rambah Pemasaran Digital

Keterlibatan dan peran petani milenial dalam memajukan sektor pertanian di Sukoharjo khususnya sangat dibutuhkan.

 Ilustrasi petani milenial (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani milenial (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Para petani milenial di Kabupaten Sukoharjo berkomitmen memajukan usaha tani dengan memanfaatkan teknologi baik alat dan mesin pertanian (alsintan) maupun digitalisasi pemasaran produk pertanian. Estafet petani di Sukoharjo bakal diteruskan kawula muda yang concern terhadap pengembangan sektor pertanian.

Keterlibatan dan peran petani milenial dalam memajukan sektor pertanian di Sukoharjo khususnya sangat dibutuhkan. Terlebih, separuh lebih petani berusia di atas 40 tahun. Mereka diperkirakan tak bisa lagi menggarap sawah pada 10 tahun-20 tahun mendatang. Padahal, produksi padi setiap tahun harus dijaga guna mewujudkan ketahanan pangan.

PromosiAksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Wakil Ketua Koperasi Petani Muda Nusantara Farm, Janu Hari Setiawan, mengatakan selama ini petani identik dengan kotor, lusuh, bermandikan lumpur setiap hari hingga kehidupan yang menyusahkan. Stigma itu harus diubah lantaran prospek usaha tani cukup menjanjikan jika digeluti secara telaten dan serius.

“Penghasilan usaha tani cukup besar. Anak-anak muda khususnya anak petani harus didorong agar meneruskan pekerjaan orang tuanya. Tentunya, bisa menerapkan pertanian modern dan pemasaran produk pertanian secara digital,” kata dia, Jumat (13/5/2022).

Janu dan para petani milenial di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, merintis budi daya alpukat sejak setahun terakhir. Sentra budi daya buah dirintis di Desa Sanggang tepatnya di sekitar Embung Cerme seluas lebih dari 20 hektare.

Baca juga: Petani Milenial Sukoharjo Go Digital, Pohon Alpukat Dipasangi Barcode

Guna mengoptimalkan digital marketing, para petani muda lantas melakukan terobosan baru dengan memasang barcode digital di setiap batang pohon alpukat. Sehingga pengunjung atau konsumen bisa memperoleh beragam informasi mengenai pengembangan agroeduwisata alpukat di Desa Sanggang.

Barcode digital berisi beragam informasi mengenai deskripsi sentra buah alpukat, harga hingga kegiatan agroeduwisata mulai dari pembibitan, pengolahan, panen hingga pemasaran. Jadi sangat komplet dan memudahkan para konsumen,” ujar dia.

Inovasi Teknologi Pertanian

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan terus berupaya melahirkan petani-petani milenial yang memberikan kontribusi nyata di sektor pertanian. Setelah membentuk forum petani milenial, Bagas gencar menyosialisasikan regulasi berupa Perbup No 22/2022 tentang Pedoman Pembinaan Petani Milenial di setiap kecamatan.

Baca juga: Masih Bingung? Ini Hlo Perbedaan Barcode dan QR Code

Kalangan pemuda juga diberi pelatihan dan pengetahuan mengenai inovasi teknologi pertanian. Konsep pertanian modern mampu menggenjot produksi padi dan menekan biaya produksi saat masa tanam (MT) padi.

Mekanisasi pertanian mulai dari penyemaian benih, pemupukan hingga panen padi menggunakan mesin pertanian. “Pemasaran produk pertanian bisa dilakukan secara online. Tak perlu mengangkut ke pasar tradisional. Order pesanan dari konsumen bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Warga Gilirejo Gelar Perayaan Hari Jadi Sragen di Tengah Jalan Rusak

Warga Desa Gilirejo, Kecamatan Miri, ikut merayakan hari jadi Kabupaten Sragen dengan menggelar tasyakuran di tengah jalan desa yang rusak. Harapannya, Pemkab Sragen menaruh perhatian pada kondisi jalan desa.

PLTA Gajah Mungkur Wonogiri Salurkan Zakat, Ini Penerimanya

Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Gajah Mungkur menyalurkan zakat kepada 30 orang di Desa Pokoh Kidul dan Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (27/5/2022).

Ternyata Ini Penyebab Harga Telur Ayam di Boyolali Naik

Ketua Pinsar Jawa Tengah, Parjuni, mengungkapkan ada beberapa hal memengaruhi kenaikan harga telur,

Kunjungi Warga Solo, Gibran Dapati Bayi Stunting, Bergejala TBC Pula

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapati bayi yang menderita stunting dan terindikasi tuberkulosis (TB) saat mengunjungi warga di wilayah Gilingan, Banjarsari.

Detik-Detik 1 Mobil Tertabrak KA di Prambanan Klaten

Satu unit mobil tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jumat (27/5/2022) sore.

Tahun Ajaran 2021/2022 di Sukoharjo Nol Anak Putus Sekolah Jenjang SMP

Jumlah siswa SMP yang terdaftar dalam Dapodik Sukoharjo jenjang SMP saat ini mencapai 32.716 siswa.

Ini Keistimewaan Stasiun Palur Yang Akan Dilewati KRL Solo-Jogja

Stasiun Palur di Jaten, Karanganyar, yang akan dilewati KRL memiliki beberapa keistimewaan yang akan jadi daya tarik bagi penumpang.

Mobil Tertabrak KA di Prambanan, Sopir dan Penumpang Lolos dari Maut

Satu unit mobil tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Jumat (27/5/2022) sore. Sopir dan penumpang selamat dari maut tanpa luka sedikitpun.

Disnaker Wonogiri Bentuk Unit Layanan Disabilitas, untuk Apa?

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri membentuk Unit Layanan Disabilitas (ULD) guna menyalurkan angkatan kerja disabilitas Wonogiri ke dunia kerja.

Pra Muktamar Muhammadiyah di Solo Digelar Akhir Mei, Ini Materinya

Pra Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, akhir Mei ini, akan membahas arah pergerakan organisasi kemasyarakatan tersebut ke depannya.

Pemkab Wonogiri akan Bangun Mal Pelayanan Publik di Lokasi Ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bakal membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di area Gedung Pertemuan Giri Cahaya, Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada tahun ini.

Kecelakaan di Dayu Sragen, Pengendara Motor dan Pejalan Kaki Meninggal

Tabrak pejalan kaki yang menyeberang saat mengendarai sepeda motor, remaja putri asal Desa Jurangjero, Karangmalang, Sragen, meninggal dunia. Begitu pula dengan pejalan kaki yang ditabrak.

Ini Cara Beli Tiket Masuk Gunung Kemukus via Online

Membeli tiket masuk Gunung Kemukus Sragem secara online begitu mudah. Anda bisa simak caranya di artikel ini.

Target Peserta Virtual Job Fair Wonogiri Tak Tercapai, Ini Penyebabnya?

Target 1.500 pencari kerja (pencaker) pendaftar di Virtual Job Fair Dinas Tenaga Kerja (Diskaner) Wonogiri tidak tercapai.

Sekarang Beli Tiket Objek Wisata Gunung Kemukus Bisa Online

Membeli tiket Gunung Kemukus Sragen kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-ticketing.