SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Uba rampe labuhan Merapi telah diserahkan abdi dalem utusan Kraton Ngayogyakarta kepada Muspika kecamatan Cangkringan. Selanjutnya Muspika menyerahkan kepada juru kunci Merapi Mas Lurah Surakso Sihono atau biasa dipanggil Asih.

Uba rampe berisi barang kesayangan Sultan Hamengkubuwono X disatukan dalam kotak kayu, diarak menuju hunian sementara Plosokerep.Besok, Minggu (3/7) pukul 06.00 WIB, kegiatan dilanjutkan menuju alas Bedhengan arah utara dusun Kinahrejo berjarak  1,5 kilometer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Utusan Kraton Ngayogyakarta, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Widyo Dipuro menunjukkan uba rampe berupa 8 lembar jarik, satu bungkus Sela (menyan), ratus (taburan menyan), Lisah Konyoh (minyak), Yatra Tindih (uang tindih) satu amplop, dan 10 biji Ses Wangen (rokok harum). Diluar itu juga diserahkan dua apem untuk Camat Cangkringan mewakili bupati dan Juru Kunci Merapi.

Sedangkan delapan jarik yang akan dilabuh masing-masing bernama Sinjang Cangkring, Sinjang Kawung Kemplang, Semekan Gadhung, Semekan Gadhung Mlathi, Semekan Banguntulak, Kampuh Polang Ciyut, Dhesthar Daramuluk, dan Paningset Udaraga.

“Semua ini saya serahkan untuk upacara labuhan Merapi,” katanya usai menunjukkan uba rampe kepada Muspika Cangkringan di kantor Kecamatan Cangkringan, hari ini.

Juru Kunci Merapi, Asih mengatakan labuhan Merapi ini tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Prosesinya sama, hanya lokasinya berbeda karena tidak sejauh tahun lalu dengan mempertimbangkan keselamatan abdi dalem. Apalagi jalan menuju pos II tidak memungkinkan untuk dilewati.

Tahun ini merupakan ketiga kalinya Asih memimpin labuhan. Dengan ritual ini meminta keselamatan semoga wilayah Merapi, DIY dan sekitarnya, tentram, aman dan selamat dari bahaya.

Ia juga meminta masyarakat untuk menjaga untuk kelestarian dan keseimbangan alam. Bagi masyarakat yang tinggal di shelter diminta untuk bersabar menunggu tindak lanjut dari pemerintah.(Harian Jogja/ Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya