Uang Saku Perjalanan Dinas Turun, Anggota DPRD Wonogiri Mengeluh

Uang saku perjalanan dinas para anggota DPRD Wonogiri turun signifikan. Itu menyusul diberlakukannya Perpres tentang Standar Harga Satuan Regional mulai tahun ini.

Uang Saku Perjalanan Dinas Turun, Anggota DPRD Wonogiri Mengeluh

SOLOPOS.COM - Pemaparan hasil kinerja DPRD Wonogiri dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga legislatif selama Oktober-Desember 2020 di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Wonogiri, Rabu (23/12/2020). (Solopos.com/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Uang saku perjalanan dinas para anggota DPRD Wonogiri turun signifikan. Itu menyusul diberlakukannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 33/2020 tentang Standar Harga Satuan Regional mulai tahun ini.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (94/2021), Perpres itu menyamaratakan indeks biaya perjalanan dinas dalam dan luar negeri, seperti uang harian perjalanan dinas dan uang representasi yang diberikan kepada peserta kegiatan. Indeks ini berlaku bagi semua lembaga pemerintahan, termasuk DPRD.

Baca Juga: PAM Tirta Bening Pati Punya Tanggungan Daftar Tunggu 3.000 Jaringan Baru

Uang saku perjalanan dinas yang ditetapkan dalam regulasi baru jauh lebih kecil dari pada sebelumnya. Oleh karena itu kalangan legislator menjuluki Perpres No. 33/2020 dengan sebutan Covid-33, karena berdampak pada uang saku mereka.

Batas tertinggi indeks yang ditetapkan dalam Perpres tidak boleh dilampauai. Sebelum ada Perpres tersebut, indeks uang harian perjalanan dinas ditetapkan sesuai kemampuan keuangan daerah. Kebanyakan daerah menetapkan indeks cukup tinggi.

Anggota DPRD Wonogiri, Sardi, mengatakan kalangan legislator dalam skala nasional mengeluh dengan kondisi tersebut. Para anggota DPRD Wonogiri pun sering memperbincangkannya. Bahkan, politikus PAN itu menilai sekarang ini anggota legislator terlihat tak semangat mengikuti kunjungan kerja.

“Ini menjadi perhatian Adkasi [Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indoesia]. Delegasi Adkasi sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat membahas soal ini. Diharapkan indeksnya bisa kembali seperti semula,” ucap Sardi saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Terpisah, Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, tak memungkiri uang saku perjalanan dinas bagi para legislator tahun ini turun drastis. Saat ditanya apakah para legislator mengeluh, politikus PDIP itu tak menjawab secara lugas.

Meski uang saku perjalanan dinas turun, menurut Sriyono rekan-rekannya tetap semangat menjalankan tugas kedewanan. Buktinya, setiap Rapat Paripurna selalu dihadiri lebih dari 39 orang dari total 50 legislator. Bahkan, Rapat Paripurna pernah dihadiri hampir seluruh anggota DPRD.

“Kalau saya lihat ini tak membuat rekan-rekan berkecil hati. Toh, tahun ini kegiatan kami kebanyakan peningkatan kapasitas yang tidak harus kunker [kunjungan kerja] ke luar kota. Terlebih, sejak sebelumnya pun indeks uang harian perjalanan dinas juga tak tinggi, enggak sampai Rp1 juta kok,” ucap Sriyono saat ditemui di ruang kerjanya.

Perincian

Berdasar Peraturan Bupati (Perbup) Wonogiri No. 34/2020 tentang Standarisasi Belanja Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2021 yang sudah disesuaikan dengan Perpres No. 33/2020, uang harian perjalan dinas dalam negeri luar kota senilai Rp360.000/orang/hari hingga Rp580.000/orang/hari tergantung provinsi yang dituju.

Sedangkan, uang harian perjalan dinas dalam negeri dalam kota lebih dari delapan jam senilai Rp140.000/orang/hari sampai Rp230.000/hari/orang. Uang diklat Rp110.000/orang/hari hingga Rp170.000/orang/hari.

Indeks terkecil uang harian perjalan dinas paling kecil, yakni tujuan ke Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), sedangkan terbesar tujuan Kalimantan Tengah. Sementara, uang repesentasi perjalanan dinas dalam negeri bagi pejabat daerah, pejabat eselon I, dan II dalam luar kota senilai Rp150.000/orang/hari-Rp250.000/orang/hari. Perjalanan dalam kota lebih dari delapan jam Rp75.000/orang/hari hingga Rp125.000/orang/hari.

Baca Juga: Manajer Baru Persis Solo Era Kaesang Segera Diumumkan, Seperti Ini Sosoknya

Dibanding dengan sebelum diberlakukan Perpres No. 33/2020, indeks uang harian perjalanan dinas 2021 jauh lebih kecil. Pada Perbup No. 52/2019 tentang Standarisasi Belanja Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2020, uang perjalanan dinas dalam negeri diatur lebih rinci berdasar lokasi tujuan dan kelompok peserta perjalanan dinas meliputi bupati, wakil bupati/ketua DPRD, wakil ketua DPRD, anggota DPRD, pejabat eselon II-IV, non eselon, golongan II dan I.

Contohnya, pada perjalanan dinas ke Nusa Tenggara Barat (NTB), uang harian bagi ketua DPRD senilai Rp1,35 juta/hari, sedangkan uang representasi Rp250.000/hari. Bagi wakil ketua DPRD senilai Rp1,2 juta/orang/hari, sedangkan uang represetasi Rp150.000/orang/hari. Bagi anggota DPRD senilai Rp1 juta/orang/hari, sedangkan uang representasi Rp150.000/orang/hari.

Berita Terkait

Espos Premium

Pencairan Dana Desa di Wonogiri Tercepat di Jawa Tengah

Pencairan Dana Desa di Wonogiri Tercepat di Jawa Tengah

Pencairan dana desa 2021 di Kabupaten Wonogiri tercepat di Jawa Tengah. Ini adalah buah sinergisitas antara Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan semua pemerintah desa di kabupaten ini.

Berita Terkini

Kisah 2 "Penguasa" di Balik Nama Sendang dan Sumur di Dusun Tandon Wonogiri

Menurut para sesepuh, penamaan Dusun Tandon berkaitan dengan pembangunan Waduk Tandon oleh penjajah Jepang pada 1942.

Boyolali Terus Dorong Pelaksanaan Ujian Tanpa Kertas, Ini Keuntungannya

Ujian tanpa kertas yang dimaksud adalah ujian seperti biasa, namun dikerjakan melalui layanan Google Form.

Pencairan Dana Desa di Wonogiri Tercepat di Jawa Tengah

Pencairan dana desa 2021 di Kabupaten Wonogiri tercepat di Jawa Tengah. Ini adalah buah sinergisitas antara Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan semua pemerintah desa di kabupaten ini.

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Sekolah Penggerak, Rujukan, dan Unggulan

SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo menjadi destinasi pendidikan unggul dan berkemajuan di era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0.

Tak Cuma Fokus Penyekatan, Tim Juga Bagikan Masker ke Pengguna Jalan di Prambanan

Tim gabungan juga telah meminta 146 pengemudi atau pun penumpang yang melintasi Pospam Prambanan untuk menjalankan tes swab antigen.

3 Hari, Puluhan Kendaraan Putar Balik di Pos Penyekatan Cemara Kandang

57 Kendaraan berpelat nomor luar Jateng yang akan melintasi Cemara Kandang diminta putra balik karena diindikasikan sebagai pemudik.

Satgas Covid-19 Sukoharjo Waspadai Kerumunan Saat Penyaluran Zakat Fitrah

Penyaluran zakat fitrah di masjid-masjid Kabupaten Sukoharjo diharapkan diantar langsung ke rumah penerima supaya tidak menimbulkan kerumunan

Zat Pemicu Keracunan Puluhan Warga Tukringin Karangpandan Masih Misterius

Zat pemicu keracunan massal yang dialami puluhan warga Tukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, belum diketahui secara pasti.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Senin 10 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Senin, 10 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Puluhan Warga Tukringin Keracunan, Wabup Karanganyar Datangi Puskesmas Karangpandan

Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto mendatangi Puskesmas Karangpandan untuk mengecek kondisi puluhan warga yang keracunan.

Diduga Keracunan Takjil, Puluhan Warga Tukringin Karangpandan Karanganyar Dilarikan Ke RS

Sekitar 55 warga dari dua RT di wilayah Tukringin, Desa Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, mendadak sakit diduga karena keracunan makanan.

Mantap! Belanja di Pasar Tradisional di Solo Kini Bisa Bayar Nontunai

Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo melanjutkan program digitalisasi pasar dengan sistem jual beli nontunai. Sebelumnya, digitalisasi diawali pembayaran retribusi nontunai.

ABG Pengemudi Mobil Terobos Penyekatan Klaten Tertangkap, Bakal Diproses Hukum?

ABG pengemudi mobil VW warna kuning yang terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan, Klaten, Sabtu (8/5/2021), sudah tertangkap.

Asyik! Wisata Bukit Cinta Watu Prahu Klaten Tambah Wahana Bertema Salju

Pengelola objek wisata Bukit Cinta Watu Prahu, Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat, Klaten, mulai persiapan menyambut pengunjung meski ada larangan mudik Lebaran.

Sempat Terdengar Tembakan, Begini Kronologi Mobil VW Disopiri ABG Terobos Penyekatan Klaten

Sempat terdengar suara tembakan saat mobil VW warna kuning yang dikendarai ABG terobos penyekatan pemudik di pospam Prambanan, Klaten.

Ada 7 Pos Pengamanan Pemudik di Sragen, Ini Lokasinya

Guna mengamankan Operasi Ketupat Candi 2021, Polres Sragen mendirikan tujuh pos pengamanan (pospam) di tujuh titik. Pospam pertama berlokasi di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), tepatnya di Jembatan Timbang Sambungmacan, Sragen.

Video Detik-Detik Remaja Pengemudi Mobil VW Terobos Penyekatan Hingga Tabrak Polisi Klaten

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang pengemudi mobil VW berwarna kuning menerobos penyekatan yang dilakukan polisi di Prambanan, Klaten.

Tertangkap, Pengemudi Mobil VW Terobos Penyekatan Prambanan Klaten Masih ABG

Pengemudi mobil yang terobos penyekatan di Pospam Prambanan, Klaten, diketahui masih ABG umur 16 tahun dan belum punya SIM.

Ratusan Kendaraan Diminta Putar Balik di Pospam Prambanan Klaten

Sebanyak 146 kendaraan diminta putar balik pada hari keempat Operasi Ketupat Candi 2021 di pos pengamanan Prambanan, Klaten.

Terobos Penyekatan, Pengendara Mobil Tabrak Polisi di Pospam Prambanan Klaten

Mobil berpelat luar daerah terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan, Klaten, hingga menabrak seorang polisi di tengah jalan.

Ditutup 5 Hari Gara-Gara Covid-19, Pasar Tirtomoyo Wonogiri Sudah Buka Lagi

Pasar Tirtomoyo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri mulai dibuka lagi, Minggu (9/5/2021), setelah sebelumnya ditutup selama lima hari.

Jalanan Wonogiri Lengang Jelang Lebaran, Polisi: Warga Patuh Larangan Mudik & Di Rumah Saja

Kondisi arus lalu lintas di jalanan Kabupaten Wonogiri terpantau lebih sepi beberapa menjelang Lebaran dibanding hari-hari sebelumnya.

Berkunjung ke Pos Pengamanan Mudik di Solo, Ketua Senkom Bagikan Bingkisan ke Petugas

Ketua Senkom Mitra Polri, Katno Hadi, berkunjung ke Pos Pusat Pengamanan Mudik di Benteng Vastenburg, Solo, pada Sabtu (8/5/2021) siang WIB.

Terapkan 3 Lapis Pemeriksaan, Begini Cara Tim Gabungan Deteksi Pemudik Masuk Karanganyar

Tim gabungan Karanganyar menerapkan tiga lapis pemeriksaan untuk mendeteksi pemudik dari luar daerah yang masuk ke wilayah tersebut.

Keranda Kayu dan Cerita Mistis Bekas Mobil Jenazah Milik Warga Sukoharjo

Aksi warga Gantungan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo membeli bekas mobil jenazah menggemparkan warga setempat.

Pengunjung Membeludak! Begini Potret Pasar Klithikan Solo Minggu Pagi

Pasar Klithikan Notoharjo, Semanggi, Solo, ramai pengunjung pada Minggu (9/5/2021) pagi WIB. Jumlah pengunjung yang membeludak membuat mereka berdesak-desakan.

75.309 Kendaraan di Sragen Nunggak Pajak, Totalnya Capai Rp15,4 Miliar

Akumulasi tunggakan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Sragen hingga April 2021 mencapai Rp15,4 miliar dari 75.309 objek kendaraan.

Asyik Judi Dadu Online di Pinggir Jalan, 6 Orang di Laweya Solo Dibekuk Polisi

Tim Gabungan Resmob Satreskrim Polresta Solo dan Unit Reskrim Polsek Laweyan menangkap enam orang saat asyik bermain judi jenis dadu online.

2 Kecelakaan Railbus Batara Kresna Senggol BST di Solo: Kejadiannya Mirip

Kecelakaan Railbus Batara Kresna menyerempet bus BST di Jl Slamet Riyadi Solo terjadi dua kali, 2016 dan 2021, dengan kronologi mirip.

Tak Kenal Takut, Warga Sukoharjo Ini Sulap Bekas Mobil Jenazah Jadi Kendaraan Pribadi

Warga asal Kampung Gantungan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo membeli bekas mobil ambulans jenazah dan disulap jadi kendaraan pribadi.

Serempetan Dengan Batara Kresna, Sopir Bus BST Solo Terancam Denda, Skorsing, Hingga Ganti Rugi

Sopir bus BST yang terlibat serempetan dengan railbus Batara Kresna di Jl Slamet Riyadi, Solo, terancam sejumlah sanksi.

Railbus Batara Kresna Nyerempet BST di Solo: Spion Pecah – Kaca Retak

Spion Railbus Batara Kresna dan bagian kaca depan sebelah kiri bus BST Solo yang bersenggolan di Jl Slamet Riyadi Solo rusak.

Railbus Batara Kresna Serempet BST di Solo: Sudah Klakson Tapi...

Masini Railbus Batara Kresna telah membunyikan klakson peringatan sebelum akhirnya menyerempet bus BST di Jl Slamet Riyadi Solo.

Kronologi Railbus Bathara Kresna Nyerempet BST di Jl Slamet Riyadi Solo

Kecelakaan railbus Batara Kresna menyerempet BST di Jl Slamet Riyadi Solo terjadi karena faktor human error.

Cucu Selesai Dimakamkan, Kakek Korban Kebakaran di Tanon Sragen Meninggal

Jumlah korban meninggal dunia akibat kebakaran gudang BBM di Dukuh Pilangsari, Tanon, Sragen, pada Sabtu (8/5/2021) bertambah.

Puluhan Anjing Gagal Diselundupkan ke Solo untuk Sengsu Dibawa dari Garut, Banyak yang Sakit

Puluhan anjing yang gagal diselundupkan ke Solo, Jawa Tengah, ternyata dibawa dari Garut, Jawa Barat, dalam kondisi banyak yang sakit.

Lewat Pesantren Kilat, Penghuni Rutan Solo Ini Menemukan Jalan Tobat

Kepala Rutan Solo, Urip Dharma Yoga, mengatakan selama Ramadan, Rutan Solo melaksanakan program-program ibadah.

Asale Dusun Tandon di Selogiri Wonogiri

Asale Dusun Tandon di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, memiliki kisah unik dan sejarah yang panjang.

Mak Kratak! Video Viral Kereta Batara Kresna Nyerempet BST di Solo

Video rekaman railbus Batara Kresna menyerempet bus BST Solo di kawasan Jl Slamet Riyadi viral di media sosial, Minggu (9/5/2021).

Innalillahi, 1 dari 4 Korban Kebakaran di Tanon Sragen Meninggal Dunia

Satu dari empat warga yang menjadi korban musibah kebakaran lima rumah di Dukuh Pilangsari, RT 031, Desa Ketro, Kecamatan Tanon, Sragen.

Sensasi Menjelajah Medan Sulit di Kaki Gunung Lawu dengan Jip

Sensasi menjelajah medan sulit di kaki Gunung Lawu dengan jip, jalur Tawangmangu-Sarangan

Belum Pastikan akan Salat Idulfitri di Mana, Gibran Tegaskan Tak Ada Open House

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, belum memutuskan akan menjalankan Salat Idulfitri 2021 di mana dan menegaskan tidak ada open house.

Motor Misterius Masih Bertahan di Polsek Ceper, Siapa Pemiliknya?

Sepeda motor misterius yang sudah dititipkan di Polsek Ceper selama hampir satu bulan terakhir ternyata belum diambil pemiliknya.

Tiga Hari Penyekatan di Prambanan Klaten , 105 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 105 dari 704 kendaraan yang diperiksa tim gabungan di perbatasan Jateng-DIY, di Prambanan dipaksa putar balik dalam waktu 3 hari terakhir.

6 Klaster Covid-19 Boyolali Masih Aktif Dengan Total 52 Kasus Positif

Enam klaster persebaran Covid-19 tercatat masih aktif di Kabupaten Boyolali dengan jumlah total warga yang terkonfirmasi positif 52 orang.

Korek Api Picu Ledakan di Gudang BBM Saat Kebakaran Tanon Sragen

Polisi menyimpulkan kebakaran di Tanon, Sragen dipicu adanya bocah yang bermain korek api saat kakeknya menuangkan bahan bakar minyak.

Geger Warga India Di Karanganyar Dicari Petugas Karena Positif Covid-19, Ini Penjelasan Dinkes

Seorang warga India di Karanganyar dikabarkan sempat dicari-cari petugas kesehatan karena terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar swab PCR.

Nyambi Jual Ciu, Pemilik Warung Kelontong Warga Banjarsari Solo Ditangkap

Seorang wanita warga Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo, berinisial LA, 35, harus berurusan dengan polisi setelah diketahui menjual minuman keras jenis ciu di kawasan Nusukan.

2 Motor & 1 Truk Kecelakaan Di Boyolali, Remaja 15 Tahun Asal Solo Meninggal

Seorang remaja 15 tahun asal Solo meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan dengan truk dan sepeda motor lain di Teras, Boyolali.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Minggu 9 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Minggu, 9 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Kebakaran 5 Rumah di Tanon, 4 Warga Dilarikan ke RSUD

Sebanyak lima rumah milik warga di Dukuh Pilangsari, Desa Ketro, Tanon, Sragen, terbakar, Sabtu (8/5/2021) pukul 13.30 WIB.

Pemudik Dikarantina di STP Solo Bertambah Jadi 8 Orang

Penghuni baru di STP Solo ini berasal dari Bandung dengan tujuan mudik wilayah Kecamatan Serengan.

Night Market, Ekonomi 100 UMKM Sragen Menggeliat Pendapatan Naik

Jalan Diponegoro Sragen dimanfaatkan menjadi night market pusat kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Jelang Lebaran, Pusat Perbelanjaan di Wonogiri Diawasi Lebih Ketat

Satpol PP Wonogiri menggencarkan pengawasan prokes di sejumlah toserba dan pasar tradisional menjelang Lebaran.

Pawai Takbir Keliling Di Sukoharjo Dilarang Lur!

Pemerintah melalui Kemenag Sukoharjo melarang pawai takbir keliling karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

Parah, Kandungan Bakteri Coliform di Rawa Jombor Klaten Melebihi Ambang Batas

Kandungan bakteri coliform di Rawa Jombor, Klaten, melebihi ambang batas. Ini artinya kualitas air Rawa Jombor buruk akibat pencemaran limbah.

Kecolongan Pemudik Lolos Cegatan, Gibran 2 Jam Pimpin Penyekatan di Simpang Joglo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terjung langsung melakukan penyekatan di Palang Joglo. Ia ikut menegur warga yang tak memakai masker.

Lalu Lintas di Pos Penyekatan Cemara Kandang Karanganyar Sepi

Tak banyak kendaraan yang melintasi pos penyekatan Cemara Kandang, Karanganyar, pada Sabtu (8/5/2021). Meski demikian, ada beberapa kendaraan yang dipaksa putar balik.

Duh Tambah Lagi, Seorang Kiai di Sragen Meninggal Positif Covid-19

Seorang kiai yang tinggal di Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, meninggal dunia pada Jumat (7/5/2021) sore.

Menikmati Pesona Sunrise dari Gunung Sepikul

Pesona Sunrise di Gunung Sepikul, kawasan objek wisata Batu Seribu, Sukoharjo. Gunung Sepikul adalah sebutan dua bukit yang terletak di Tiaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Pemdes Padas Klaten Sulap Bekas Sekolah Jadi Kafe, 3 Bulan Balik Modal!

Pemdes Padas, Kecamatan Karanganom, Klaten menyulap bekas bangunan sekolah yang mangkrak menjadi kafe.

Masalah Buruh vs PT SSG Sukoharjo Akhirnya Ada Titik Temu, THR akan Dicicil 3 Kali

PT SSG Sukoharjo akhirnya sepakat membayarkan THR senilai UMK kepada buruh namun dicicil tiga kali.

Di Lapangan atau Masjid? Begini Aturan Salat Id di Sragen

Satgas Penanganan Covid-19 Sragen memutuskan membolehkan masyarakat muslim di Sragen menggelar salat id di lapangan.

Ada Kuliner Ayam Panggang Topping Mete di Wonogiri, Harganya Sangat Bersahabat dan Layani Pesan Antar

Sekelompok warga di Jatisrono, Wonogiri membuat ayam panggang topping mete yang belakangan populer. Sementara ini, kuliner khas Jatisrono tersebut hanya bisa dipesan secara online.

Tim Medis Sambirejo, Terus Melayani meski Sering Dicibir

Meski bertaruh nyawa menghadapi virus dengan tingkat persebaran tinggi itu, tim medis juga harus menghadapi cemoohan sebagian masyarakat yang menganggap virus corona tidak ada.

Pelaku Perjalanan Masuk Boyolali Jalani Tes Rapid Antigen Dulu

Terkait teknis penyekatan pemudik di Boyolali tidak bisa dilakukan secara maksimal karena penyekatan mestinya sudah dilakukan di titik perbatasan Jawa Tengah.

Molor Karena Anggaran, Musda MUI Sragen Akhirnya Terselenggara Tahun Ini

Musda MUI yang seharusnya digelar 2020 terpaksa baru bisa digelar Sabtu (8/5/2021) karena anggaran hibah dari APBD belum cair.

Siswa SD Muhammadiyah PK Boyolali Bikin Parsel Untuk Kaum Duafa

Puluhan siswa SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Banyudono, Boyolali membagikan parsel lebaran kreasi mereka kepada kaum duafa.

Kisah Pekerja Pindahkan 740 Makam untuk Bangun Kantor Kelurahan Sondakan Solo

Rencana pembangunan Kantor Keluarahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, tidak mudah lantaran dibarengi pemindahan 740 badan makan.

Alhamdulillah, Masjid di Lereng Merapi Klaten Dikirimi Air Bersih Jelang Lebaran

Sebagian daerah kawasan lereng Gunung Merapi wilayah Klaten selama ini masih mengalami krisis air bersih ketika kemarau tiba.

Umat Islam Wonogiri Salat Idul Fitri di Masjid Kampung Saja

Tim yang terdiri atas polisi, TNI, dan pihak terkait lainnya mendeteksi dini untuk memastikan tidak ada warga yang Salat Idul Fitri di lapangan atau gedung.

Tren Kasus Kekerasan Anak di Wonogiri Naik, Bupati Jekek Tegas Lakukan Ini

Hingga jelang pertengahan tahun, sudah ada 16 kasus kekerasan anak di Kabupaten Wonogiri.

Kebakaran Hanguskan Gudang Reklame di Manahan Solo

Gudang dalam kondisi kosong dan hanya dipergunakan untuk menyimpan bahan-bahan produksi untuk pembuatan reklame.

Warga Karanganyar Salat Id di Lapangan Diawasi Satgas Desa dan Kecamatan

Lantaran kondisi yang dalam aturan PPKM berbasis mikro, pengawasan Salat Id diserahkan kepada Satgas di kecamatan maupun desa.

Video Kebakaran di Barat Taman Balekambang Solo, Lebih dari 6 Pemadam Merapat

Beredar video kebakaran di barat Taman Balekambang Solo atau di seberang Damri Manahan, lebih dari enam mobil pemadam merapat.

Wonogiri Kekurangan 456 Perangkat Desa, Segera Perekrutan?

Di Wonogiri saat ini ada 456 jabatan perangkat desa yang kosong karena pensiun, meninggal dunia, pindah kependudukan, atau mengundurkan diri.

Lebaran Kian Dekat, Begini Kondisi Stok Bahan Pangan di Sukoharjo

Masyarakat diminta tidak melakukan aksi borong barang karena tindakan itu akan mengakibatkan kenaikan harga serta kelangkaan stok barang.

Bea Cukai Surakarta: KITE IKM Tekan Biaya Produksi Barang Ekspor

Ini menjadikan biaya produksi atas barang jadi yang diekspor, dapat ditekan biayanya menjadi lebih rendah.

Derita Sopir Bus Di Klaten, 2 Kali Lebaran Pulang Tak Bawa Uang

Kebijakan larangan mudik Lebaran membuat sopir bus AKAP yang biasa beroperasi Terminal Ir Soekarno Klaten harus pulang tak membawa uang.

Rumah Pemudik di Wonorejo Sragen Ditempeli Stiker Karantina Mandiri

Stiker warna kuning itu berisi keterangan warga pelaku perjalanan (PP) atau pemudik yang menjalani karantina mandiri selama lima hari.

Ingat Ya Lur, Layanan SIM Satlantas Polres Karanganyar Libur 5 Hari

Layanan pembuatan maupun perpanjangan surat izin mengemudi atau SIM di Satlantas Polres Karanganyar tutup sementara lima hari saat Lebaran.

Begini Kondisi Bandara Adi Soemarmo dan Stasiun di Solo Saat Tak Ada Penumpang

Kondisi Bandara Adi Soemarmo serta stasiun KA di Kota Solo sepi dan lengang karena hampir tidak ada penumpang selama pelarangan mudik.

Lantik 9 Kepala Desa, Bupati Boyolali: Ingatkan Warganya Untuk Tidak Mudik!

Bupati Boyolali M Said Hidayat melantik sembilan kepala desa di wilayahnya yang merupakan hasil pilkades antarwaktu beberapa waktu lalu.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Sabtu 8 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Sabtu, 8 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Ratusan Kendaraan Disetop di Pos Penyekatan Selogiri Wonogiri, Pengendara Dites Antigen

Sekitar 200 kendaraan berpelat nomor luar daerah disetop di pos penyekatan pemudik di Jembatan Timbang, Selogiri, Wonogiri.

Tak Pakai Masker Hingga Uyel-Uyelan, Banyak Warga Abai Prokes Di Pasar & Mal Sukoharjo

Petugas patroli Satpol PP Sukoharjo menemukan masih banyak masyarakat yang abai prokes saat berbelanja di mal maupun pasar tradisional.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang

Hari Kedua Pelarangan Mudik, Angkutan Barang Dominasi Tol Sragen

Sejumlah kendaraan pribadi dari luar Jawa Tengah terjaring penyekatan di Jembatan Timbang Sambungmacan pada Jumat pagi.

Tak Ada Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Sejak Kamis Malam, 23 Bus Nganggur

Puluhan unit bus diparkir di Terminal Ir Soekarno Klaten menyusul adanya larangan mudik Lebaran 6-17 Mei sehingga tidak bisa beroperasi.

Libur Lebaran, TSTJ dan Taman Balekambang Solo Tetap Buka Lho!

Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ dan Taman Balekambang Solo akan tetap buka pada momen libur Lebaran tahun ini. Pasalnya, Pemkot Solo tak melarang wisata beroperasi.

2 Pemudik Positif Covid-19 Terdeteksi Berkat Kesigapan Satgas Jaga Tangga Serengan Solo, Begini Ceritanya

Dua pemudik asal Tangerang terdeteksi positif Covid-19 setelah lolos penyekatan berkat kesigapan Satgas Jaga Tangga wilayah Serengan, Solo.

3 Ahli Waris Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Klaten Terima Santunan Puluhan Juta hingga Miliaran Rupiah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan Klaten menyerahkan klaim bagi ahli waris pekerja yang meninggal dunia dan kecelakaan kerja.

Angin Kencang, Tower Internet Kantor DPRD Solo Roboh Timpa Rumah Warga

Tower jaringan Internet di Kantor DPRD Solo roboh menimpa rumah warga saat terjadi hujan disertai angin kencang Jumat (7/5/2021) siang.

50-an Sepeda Motor Berknalpot Brong di Klaten Disita Polisi

Sebanyak 50-an pengendara sepeda motor berknalpot brong kena tilang Satlantas Polres Klaten, dalam beberapa hari terakhir.

Mobil Dinas Wali Kota Solo Sudah 2 Hari Diparkir Di Kantor Kelurahan Gajahan, Ada Apa Ya?

Mobil dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah dua hari terakhir ini diparkir di halaman Kantor Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon.

Warga Karanganyar Boleh Salat Idulfitri Di Lapangan Asalkan...

Warga Karanganyar diimbau Salat Idulfitri di masjid dan musala lingkungan tapi juga tidak dilarang Salat Id di lapangan terbuka dengan prokes.