SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, HARARE – Tiga orang tersangka kasus pencurian koper berisi uang tunai senilai US$150.000 atau sekitar Rp2,1 miliar milik Robert Mugabe diseret ke Pengadilan Zimbabwe, Kamis (10/1/2019). Ketiga orang tersebut diyakini telah mencuri uang milik mantan Presiden Zimbabwe tersebut untuk membeli mobil dan rumah.

Mengutip BBC, Jumat (11/1/2019), menurut media massa lokal Zimbabwe, kerabat Robert Mugabe, Constantia Mugabe, menjadi dalang di balik pencurian tersebut. Constantia Mugabe diduga memiliki kunci rumah Robert Mugabe di kawasan Zvimbia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hakim persidangan tersebut, Chinhoyi, meyakini pencurian yang terjadi 1 Desember 2018 tersebut sukses dilakukan berkat bantuan Constantia Mugabe. Sementara pelaku lainnya adalah pekerja kebersihan di rumah Robert Mugabe.

Menurut jaksa penuntut Teveraishe Zinyemba, salah seorang tersangka bernama Johanne Mapurisa telah memakai uang hasil curian untuk membeli mobil Toyota Carmy dan rumah senilai Rp281 juta. Seorang tersangka lainnya bernama Saymore Shetekwa dilaporkan telah membeli mobil dan sejumlah hewan ternak. Ketiga tersangka itu dijadwalkan kembali hadir di persidangan pada 24 Januari 2019 mendatang.

Sebagai informasi, Robert Mugabe menjabat sebagai Presiden Zimbabwe selama 37 tahun. Kekuasaannya berakhir setelah dikudeta pada November 2017. Posisinya kini digantikan oleh mantan wakil presidennya, Emmerson Mnangagwa.

Selama menjadi presiden, pemerintahan Robert Mugabe dikenal korup. Dia membuat perekonomian Zimbabwe semakin terpuruk. Kini, mantan presiden berusia 94 tahun itu dikabarkan sedang menjalani perawatan di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya