SOLOPOS.COM - Kebakaran menghanguskan dua rumah, tiga mobil, dan enam motor di Desa Simo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Rabu (3/3/2021) malam. (Tangkapan layar)

Solopos.com, PURWODADI – Selain mobil dan motor ternyata ada uang puluhan juta rupiah ikut hangus dalam kebakaran dua rumah di Dusun Bentulan, Desa Simo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Rabu (3/3/2021) malam.

Diketahuio Rumah yang terbakar di Simo tersebut masing-masing milik Sukardi, 60 dan Sagiyanto, 56. Video kebakaran tersebut juga beredar di aplikasi WhatsApp.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Selain membakar dua rumah warga di Simo, harta benda milik kedua pemilik rumah juga ikut ludes terbakar. Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, namun akibat kebakaran ini kerugian diperkirakan lebih dari Rp 1 miliar.

Kebakaran yang melanda rumah dua warga Simo tersebut, berawal ketika Rabu malam Sukardi terbangun dari tidur karena kondisi di rumahnya terasa panas. Ketika keluar kamar dia melihat api cukup besar pada atap rumahnya.

Baca jugaDuh, 2 Rumah 3 Mobil dan 6 Motor Ludes Terbakar di Simo Grobogan

Sukardi segera membangunkan seluruh anggota keluarganya untuk menyelamatkan diri. Dia juga berteriak meminta tolong sehingga warga Simo di sekitar rumahnya berdatangan membantu memadamkan kebakaran.

Namun, upaya pemadaman tidak berhasil karena api cepat membesar membakar rumah dari kayu tersebut. Selain itu banyaknya barang mudah terbakar di dalam rumah ditambah angin kencang membuat warga kesulitan memadamkan kebakaran di Simo itu. Akibatnya api dengan cepat melalap rumah Sukardi, bahkan merembet ke rumah di sebelahnya milik Sagiyanto.

Api yang melahap dua rumah di Simo baru bisa dipadamkan setelah lima armada damkar dari pos Wirosari dan pos Purwodadi dikerahkan. Pemadaman dan pendinginan baru bisa tuntas menjelang subuh.

Baca juga: Diterjang Angin Kencang, Atap Rumah dan Sekolah di Grobogan Rusak

Diduga Konsleting

Kapolsek Kradenan AKP Sunaryanto menjelaskan kebakaran di Simo selain bangunan rumah dari kayu, ada kendaraan dan uang serta surat berharga yang ikut terbakar di rumah Sukardi. Yakni mobil Honda Jazz, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Kijang LGX.

Kemudian dua motor Honda Vario, Honda Scoopy dan Yamaha Fino, surat-surat berharga serta uang Rp50 juta. Kerugian yang diderita Sukardi warga Simo tersebut ditaksir mencapai Rp820 juta.

Sedangkan dari rumah Sagiyanto ada tiga sepeda motor yang ikut terbakar beserta surat kendaraan. Yakni dua sepeda motor Honda Beat dan Kawasaki KLX. Selain itu, ada uang tunai Rp 20 juta serta sejumlah barang dan surat-surat berharga. Kerugian diperkirakan mencapai Rp309 juta.

“Untuk penyebab kebakaran rumah di Simo masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara, disebabkan konsleting dari ruang depan,” jelas Kapolsek Kradenan, Kamis (4/3/2021).

Kapolsek Kradenan mengimbau warga agar waspada terhadap bahaya kebakaran meskipun saat ini musim hujan. Selalu memeriksa kompor, perapian pastikan kondisinya sudah tidak menyala. Selalu mengecek kondisi peralatan listrik guna mencegah terjadinya kebakaran.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya