SOLOPOS.COM - Uang Khusus HUT ke-75 RI. (Dok. Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Hari ini Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang khusus baru. Uang ini dibuat dalam rangka memperingati HUT ke -75 Kemerdekaan RI.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara peluncuran uang dan disiarkan lewat Youtube, Senin (17/8/2020).

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Mata uang khusus ini berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp75.000, dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia,” katanya.

Ini Daftar Defisit Anggaran Indonesia 6 Tahun Terakhir, 2018 Terbaik

Sri Mulyani menuturkan, peluncuran uang baru ini sebagai wujud syukur atas anugerah dan pencapaian selama ini.

“Sebagai bentuk wujud syukur kita atas anugerah kemerdekaan,” ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan uang khusus yang diterbitkan ini bukanlah uang baru yang beredar bebas di masyarakat atau digunakan untuk pelaksanaan kegiatan ekonomi.

4 Orang Positif Covid-19, Muncul Klaster Pernikahan di Nguter Sukoharjo

“Uang ini khusus untuk peringatan peristiwa, yakni dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI,” kata Sri Mulyani.

Uang Khusus HUT ke-75 RI. (Dok. Istimewa)

Kabar ini sendiri sudah terdengar riuh sejak kemarin. Muncul pula spekulasi tentang jenis dan nominal uang yang akan diluncurkan.

Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun Ini Berbeda Karena Covid-19

Di media sosial tersebar gambar uang kertas rupiah baru dengan nominal Rp75.000. Menurut gambar yang tersebar, uang kertas Rp75.000 itu berwarna merah dengan paduan warna putih dan hijau. Terpampang wajah Sukarno dan Mohammad Hatta.

Kemudian di sisi satu uang khusus baru itu ada gambar deretan anak-anak yang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Lengkap juga dengan tanda tangan Gubernur BI dan Menteri Keuangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya