SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol. (Istimewa)

Solopos.com, SLEMAN — Proses pembayaran uang ganti rugi (UGR) bagi warga yang terdampak proyek pembangunan Tol Jogja-Solo dimulai. Total nilai UGR yang akan dicairkan kepada warga terdampak pembangunan itu sebanyak Rp401,1 miliar.

Saat ini, proses pembayaran UGR dituntaskan bagi empat padukuhan terakhir di Kalurhaan Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Total nilai UGR yang disalurkan kepada 286 pihak yang berhak (pyb) pemilik 272 bidang terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo sebesar Rp401,1 miliar. Total luas area yang dibebaskan seluas 125.909 meter persegi.

Pembayaran UGR dilaksanakan secara bertahap, mulai Rabu (24/8/2022) hingga Kamis (1/9/2022) mendatang.

Baca Juga: Pria Dianiaya & Meninggal di Asrama Mahasiswa Papua Jogja, Polisi Buru Pelaku

“Hari ini diserahkan UGR kepada 60 pyb, baik Cupuwatu II, Dusun Karanglo dan sebagian warga terdampak di Dusun Somodaran. Total nilai UGR yang disalurkan Rp70,6 miliar untuk 55 bidang seluas 24.339 meter persegi,” kata Kepala Kanwil BPN DIY, Suwito saat ditemui di sela kegiatan.

Adapun proses penyaluran UGR selanjutnya, akan dilaksanakan pada Kamis (25/8/2022). Dana tersebut akan disalurkan kepada 64 pyb bagi sebagian warga di Dusun Somodaran dan Dusun Babadan. Total nilai UGR yang disalurkan sebesar Rp94,6 miliar untuk 64 bidang seluas 32.377 meter persegi.

“Setelah seluruh proses pembayaran UGR, kami akan tindak lanjuti dengan penyerahan hasil dan pemecahan sertifikat. Yang sudah dibayar UGR nya,” kata Suwito.

Baca Juga: Terungkap! Ada 5 Anak Perempuan yang Dicabuli Pemuka Agama di Bantul

Dia menjelaskan saat ini masih ada sejumlah kalurahan yang belum dibebaskan lahannya untuk pembangunan jalan Tol Jogja-Solo seksi 1. Baik karena masih dalam proses penilaian tim appraisal, musyawarah warga, pengajuan surat perintah membayar (SPM) ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Di antaranya, yang belum menerima UGR Tegalrejo (Tamanmartani) dan Bokoharjo Prambanan yang tinggal menunggu pembayaran.

“Mereka tinggal menunggu jadwal pembayaran. Selain itu, tiga kalurahan di seksi 2 Jogja-Solo meliputi Untuk Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo juga akan dibayar tahun ini. Kami menunggu dari PPK,” jelas Suwito.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Rp400 Miliar Duit Tol Digelontorkan ke Warga Purwomartani Kalasan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya