Uang Elektronik Memimpin Pertumbuhan Transaksi Nontunai

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi ekonomi dan keuangan digital mengalami kenaikan seiring dengan perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking. 

 Ilustrasi menggesek kartu untuk transaksi nontunai. (hindustantimes.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggesek kartu untuk transaksi nontunai. (hindustantimes.com)

Solopos.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi ekonomi dan keuangan digital mengalami kenaikan seiring dengan perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bank sentral terus memperkuat implementasi kebijakan sistem pembayaran dan akselerasi digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, di tengah tekanan inflasi, transaksi ekonomi dan keuangan digital tetap mengalami kenaikan ditopang oleh meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking. Sejalan dengan normalisasi mobilitas masyarakat, nilai transaksi uang elektronik (UE) pada Agustus 2022 tumbuh 43,24% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp35,5 triliun, sedangkan nilai transaksi digital banking meningkat 31,40 secara tahunan menjadi Rp4.557,5 triliun.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sementara itu, Bank Indonesia juga mencatat bahwa nilai transaksi pembayaran dengan kartu automatic teller machine (ATM), kartu debet, dan kartu kredit turut mengalami peningkatan sebesar 34,72% yoy menjadi Rp722,5 triliun. Pada sisi lain, jumlah uang kartal yang diedarkan atau UYD pada Agustus 2022 naik 6,96% yoy mencapai Rp902,7 triliun.

Baca Juga Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

“Bank Indonesia terus memastikan ketersediaan uang rupiah dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI, termasuk peredaran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022,” ujar Perry dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

Selain itu, lanjutnya, bank sentral terus mendorong inovasi sistem pembayaran dengan melanjutkan persiapan implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik secara bertahap, antara lain melalui pengembangan KKP Domestik berbasis kartu untuk meningkatkan akseptasi dan transaksi KKP Domestik termasuk efisiensi transaksi Pemerintah.

Sebagaimana diketahui, KKP Domestik dinilai akan meningkatkan efisiensi transaksi pemerintah, baik pusat dan daerah. Penerbitan KKP Domestik tahap awal bakal dilakukan oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Baca Juga OTT Mahkamah Agung, KPK Dikabarkan Tangkap Hakim

KKP Domestik merupakan skema pembayaran berbasis kredit guna memfasilitasi transaksi pemerintah pusat dan daerah, yang diproses secara domestik. KKP Domestik ini efektif diimplementasikan pada 1 September 2022.

Inisiasi tersebut dikembangkan lewat mekanisme QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard berbasis sumber dana kredit sehingga seluruh transaksi diproses di dalam negeri.

Pada tahap awal, KKP Domestik diterbitkan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kemudian inisiasi ini akan diperluas ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) secara bertahap.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Uang Elektronik Memimpin Pertumbuhan Transaksi Nontunai pada Agustus 2022

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Songsong Nataru, Kemenhub Persiapkan Transportasi Laut

      Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong persiapan lebih dini sektor jasa angkutan laut guna menghadapi angkutan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). 

      Polri Gelar Pelimpahan Tahap Dua Berkas Sambo Cs

      Polri akan menampilkan seluruh tersangka termasuk Ferdy Sambo dalam pelimpahan tahap kedua berkas perkara pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J. 

      Elon Musk Putuskan Lanjutkan Akuisisi Twitter

      CEO Tesla Inc. Elon Musk kembali membuat kejutan dengan memutuskan tetap akan mengakuisisi Twitter Inc. dengan harga awal US$54,20 per saham. 

      ESDM Respons Tudingan Pertalite Boros, Sejumlah SPBU Jakarta Diuji

      Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan uji secara teknis terkait dengan standar dan mutu dari Pertalite selepas berseliweran isu bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi itu menjadi lebih boros setelah penyesuaian harga awal bulan lalu.

      KPK Usut Layanan Jet Pribadi Kelas Satu untuk Gubernur Papua Lukas Enembe

      Penyidik KPK saat itu mendalami pengetahuan saksi Revy soal adanya beberapa kali penyewaan jet pribadi oleh Lukas Enembe dan keluarganya.

      Pasukan Dikabarkan Terdesak, Rusia Kehilangan Wilayah Kherson

      Pasukan Rusia yang menduduki wilayah Laut Hitam, Selatan Ukraina kehilangan pengendalian di Kherson selama beberapa hari terakhir. Kabar itu didasarkan pada peta yang diterbitkan kementerian pertahanan Moskow.

      Kabar Gembira, Pemerintah Pastikan Kartu Prakerja Berlanjut di 2023

      Program Kartu Prakerja di 2023 lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja.

      39 Rumah di Pacitan Rusak Akibat Tanah Longsor

      Ada 39 rumah yang teridentifikasi mengalami kerusakan mulai dinding jebol, atap ambrol, hingga rumah ambruk.

      Gubernur Jatim: Korban Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan Jadi 131 Orang

      Tambahan korban meninggal dalam tragedi Kanjuruhan itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

      Menpora: Tim Pencari Fakta Berpihak kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

      Tugas Tim Pencari Fakta untuk mengusut tragedi yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia pascapertandingan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya tersebut.

      Dulu Kawan, Kini Partai Gerindra jadi Lawan Anies Baswedan

      Kini Partai Gerindra dalam posisi yang berhadapan dengan Anies setelah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu dicapreskan oleh Partai Nasdem.

      Komentari Pencapresan Anies Baswedan, Puan Maharani: Kita Sedang Berduka

      Puan meminta publik tidak berbicara dulu tentang capres karena Indonesia sedang berduka dengan tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 125 orang

      KJRI Kuching Selamatkan TKI Purworejo yang Diperbudak Majikan 17 Tahun

      Selama 17 tahun ditahan majikan tersebut, Meri Haspari dipekerjakan tanpa mendapatkan gaji.

      PDIP Tersinggung PSI Capreskan Ganjar Tanpa Izin Megawati

      Deklarasi Ganjar sebagai capres PSI itu dilakukan pada Senin (4/10/2022) kemarin.

      Penggugat Jokowi terkait Dugaan Ijazah Palsu Pernah Dihukum Tiga Tahun

      Sosok Bambang menjadi pembicaraan setelah menulis buku Jokowi Undercover yang terbit pada 2016 silam.