SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Bank Indonesia (BI) mencatat pengguna uang elektronik alias e-money meningkat hingga 2,87 juta lebih. Selama enam bulan pertama, pengguna e-money telah mencapai 10,71 juta.

Data tersebut termuat dalam Data Perkembangan Transaksi Sistem Pembayaran yang disampaikan Tim Perizinan dan Informasi Sistem Pembayaran Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran BI.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bank sentral mengungkapkan per Desember 2010 jumlah pengguna e-money tercatat sebanyak 7,91 juta lebih. Namun per Juni 2011 jumlah tersebut meningkat 2,87 juta menjadi 10,71 juta.

BI juga mencatat selama Semester I-2011 nilai transaksi e-money mencapai Rp 397,97 miliar dengan total volume sebanyak 12,7 juta transaksi.

Uang elektronik atau e-money saat ini baru diterbitkan oleh 10 penerbit yang terdiri dari 1 Bank Pembangunan Daerah (BPD), 5 Bank Umum dan 4 lembaga selain bank.

Adapun ke 10 penerbit tersebut yakni Bank DKI Jakarta (Jak Card), Bank Central Asia Tbk (Flazz), Bank Mandiri (Persero) Tbk (Indomaret Card, Gaz card dan E-Toll Card), Bank Mega Tbk (Studio Pass Card dan Smart Card), Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (Java Jazz Card dan Kartuku), Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRIZZI), PT. Indosat (Dompetku), PT. Skye Sab Indonesia (Skye Card), PT. Telekomunikasi Indonesia (Flexy Cash dan i-Vas Card), PT. Telekomunikasi Selular (T-Cash).

BI melihat pola peningkatan penggunaan account based card juga dapat menunjukkan perkembangan tingkat kesadaran masyarakat akan instrumen pembayaran non tunai, atau dengan kata lain dapat menunjukkan perkembangan lesscash society termasuk penggunaan e-money.

Selama tahun 2010, BI mencatat total account based card yang beredar mencapai 51 juta kartu. Jumlah tersebut apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya meningkat 14,2 persen dari 44,5 juta kartu. Dari jumlah tersebut 94,6 persen merupakan kartu ATM yang sekaligus dapat digunakan sebagai kartu debet (kartu ATM/Debet), yang diterbitkan oleh 46 bank.(dtc)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya