SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin ATM (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO —  Terkadang ketika mengambil uang secara tunai di ATM ditemui beberapa masalah seperti uang tidak keluar tapi saldo berkurang. Hal ini mungkin juga pernah Anda alami.

Kasus semacam ini hal ini kadang terjadi dalam beberapa ATM bank, tak hanya milik bank pelat merah, bank swasta juga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketika mengalami kejadian itu nasabah tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang memungkinkan uang tidak keluar tapi saldo berkurang salah satunya karena kesalahan sistem yang menjadi tanggung jawab pihak bank.

Berikut langkah yang bisa dilakukan ketika uang tidak keluar dari mesin ATM tapi saldo berkurang seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/2/2022):

Baca Juga: Mulia Sekali! Juru Parkir Tunarungu Solo Kembalikan Uang Rp500.000 Tertinggal di ATM

1. Menunggu 5 menit -10 menit

Ketika ini terjadi, ada baiknya kita menunggu terlebih dahulu dalam waktu 5-10 menit. Ada kemungkinan uang tiba tiba keluar dari mesin ATM atau bisa juga uang tidak keluar dan uang yang terpotong refund/balik lagi dengan sendirinya.

2. Menghubungi pihak bank

Jika langkah pertama tidak berhasil Anda bisa langsung melaporkan ke pihak bank, bisa secara langsung datang ke bank atau menggunakan layanan call-center yang dimiliki bank.

Baca Juga: Laris Manis, Bakul Cilok di ATM Bank Jateng Samsat Klaten Kantongi Rp500.000/Hari

3. Menunggu Proses Bank

Setelah itu laporan uang tidak keluar tapi saldo berkurang akan diproses dalam beberapa waktu, tergantung dari masalah yang disebabkan. Jika laporan sudah diproses selesai bank akan mengembalikan uang, baik dalam bentuk saldo rekening ataupun uang tunai.

Masalah uang tidak keluar tapi saldo berkurang ini , penyebabnya bervariasi tetapi kebanyakan dikarenakan sistem bank yang sedang down ataupun ATM rusak. Jika mengalami hal ini saat menggunakan bank tertentu, prosedur laporan yang digunakan adalah sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya