SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah V Jawa Tengah dan DIY siap melayani penukaran uang NKRI pecahan Rp100.000.

Uang itu secara resmi akan diedarkan melalui bank sehingga masyarakat bisa memperoleh melalui penukaran atau saat bertransaksi di bank maupun ATM.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kepala BI Kpw V Sutikno mengatakan kantor di wilayahnya akan mengikuti arahan Gubernur BI untuk menyiapkan Uang NKRI dan melayani kebutuhan masyarakat.

“Intinya kami siap, dan menunggu instruksi Pemerintah Pusat secara resmi yang disampaikan besok [Senin],” singkatnya seusai memimpin upacara HUT ke-69 RI, Minggu (17/8/2014).

Selanjutnya, BI Wilayah V akan bekerja sama dengan perbankan di wilayah ini untuk mengoptimalkan sosialisasi uang baru NKRI. Sementara penukaran uang secara resmi akan dilayani mulai Senin 18 Agustus.

Pada uang baru pecahan Rp100.000 yang diluncurkan 17 Agustus 2014 memiliki delapan perubahan dibandingkan pada 2004, meski tanpa perubahan signifikan pada desainnya.

Perbedaan terjadi pada desain register rectoverso, perubahan nama dan gelar pahlawan nasional Soekarno dan Hatta, perubahan lokasi tahun emisi dan tahun cetak, juga penambahan blok warna kuning keemasan.

Selain itu perbedaan juga bisa terlihat dari perubahan warna pada nomor seri, perubahan huruf pada frasa Bank Indonesia, adanya frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia di muka dan belakang uang kertas, serta tanda tangan yang sebelumnya anggota Dewan Gubernur BI menjadi Gubernur BI dan Menteri Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya