SOLOPOS.COM - Ilustrasi UN SMP (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL – Sebanyak 20 peserta ujian kesetaraan paket C yang berada di lokasi SMP Negeri 1 Sewon tidak hadir sejak hari pertama Ujian Akhir Nasional (UAN) dengan berbagai macam alasan. UAN kejar paket C hanya diikuti 236 peserta dari jumlah total 436 orang.

Panitia Penyelenggara UAN Pendidikan Kesetaraan Bantul Fajariyanti, mengatakan ujian kesetaraan paket C menggunakan sembilan sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Khusus di lokasi SMPN 1 Sewon 20 orang tidak hadir karena sakit dan ada acara lain. Yang tidak ikut ujian dipastikan tidak bisa lulus dan harus mengulang periode berikutnya, Agustus nanti,” kata Fajariyanti kepada Harian Jogja, (Selasa (15/4/2014).

Menurut Fajariyanti, ada tujuh mata pelajaran yang harus diselesaikan setiap peserta sampai hari ketiga nanti di antaranya PPKn, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika, sosiologi dan mata pelajaran yang disesuaikan kejuruan tiap peserta.

Pelaksanaan ujian kesetaraan paket C terbilang cukup unik. Banyak peserta dari bapak-bapak yang menyempatkan diri merokok karena mengaku kesulitan menyelesaikan soal demi soal. Ada pula beberapa peserta dari kalangan ibu rumah tangga terpaksa harus menyelesaikan soal dengan didampingi anaknya yang masih kecil di kelas.

Beberapa di antara peserta juga menyempatkan diri keluar ruangan kelas karena buah hatinya yang bermain di halaman sekolah menangis.

Salah satu peserta bernama  Edi Suroso asal Sayegan dan Iman Tirtoadi asal Mlati Sleman mengaku mengikuti ujian kejar paket untuk kebutuhan melengkapi jenjang kepangkatan kepegawaian di tempat kerjanya di UGM.

“Soalnya sangat sulit. Mungkin karena kami sudah kesulitan menyesuaikan. Sudah banyak yang lupa soal-soalnya,” katanya ditemui di sela-sela jam istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya