SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Mulai tahun ini, Perguruan Tinggi (PT) memiliki andil lebih besar dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional (UAN).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak beberapa tahun terahir, tiga PTN di DIY membantu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY melaksanakan UAN untuk jenjang SMA, SMK dan MA. Pendampingan tersebut berupa pengawasan dropping soal, pelaksanaan UAN sampai pemindaian lembar jawab komputer.

Ekspedisi Mudik 2024

Mulai tahun ini, kata Kepala Disdikpora DIY Baskara Aji, peran PTN lebih besar lagi yakni diawali dengan keterlibatan mencetak soal, dropping soal, pengawasan UAN dan pemindaian lembar jawab computer (LJK).

“Mulai tahun ini, pekerjaan Disdikpora lebih ringan karena PTN berperan besar untuk penyelenggaran UAN di SMA, MA, SMK, SMA LB sampai kejar paket C,” jelas Aji saat ditemui di Disdikpora DIY, Senin (5/2/2013).

Kebijakan ini diterapkan lantaran pengawasan dari PT dapat ikut menjaga pelaksanaan UAN lebih kredibel. Disamping itu, mulai tahun ini pula nilai UAN akan dipakai sebagai salah satu syarat masuk SNMPTN.

Pada pelaksanaan UAN tahun lalu, pengawas dari PTN umumnya berasal dari dosen dan karyawan UGM, UNY dan UIN Sunan Kalijaga (Suka). Adapun per tahun ini, tegasnya, pengawas UAN dari PTN harus berprofesi sebagai dosen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya