SOLOPOS.COM - Sahal di akun Twitter (facebook)

Solopos.com, SOLO – Perang media sosial antara kader PKS, Jon Riah Ukur Ginting (Jonru) dan aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL), Akhmad Sahal berakhir pelaporan polisi. Jonru menyebut Sahal telah melakukan pencemaran nama baik.

Jonru tak terima lantaran namanya diasosiasikan dengan kata “Fitnah”. Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebut setelah tuduhan Sahal, banyak orang yang membully namanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sahal di akun Twitter (facebook)

Sahal di akun Twitter (facebook)

“Awalnya Sahal membuat tweet yang isinya menyebutkan bahwa “jonru” merupakan istilah yang artinya “fitnah”. Gara-gara tweet ini, banyak temannya yang membully saya, misalnya dengan berkata “Menjonru lebih kejam daripada pembunuhan’,” kata Jonru dikutip Solopos.com dari blog PKSPiyungan.org, Selasa (2/12/2014).

Dalam akun Facebooknya, Jonru juga mengungkap perbuatan yang dilakukan Sahal. Dalam foto yang diunggah terlihat kicauan Sahal dengan menyertakan sebuah meme.

“Sesungguhnya menJonru itu Lebih Kejam dari Pembunuhan,” demikian tertulis dalam meme yang diunggah akun @Sahal_AS.

Sahal tak sendirian. Seorang pengguna Twitter, Rifan Herriyadi, juga ikut dilaporkan. Rifan dituduh membuat meme yang dianggap memfitnah Jonru.

Meme itu memperlihatkan kata “Jonru” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang telah direkayasa. Kata “Jonru” diperlihatkan sebagai perbuatan yang tidak terpuji.

“Men.Jon.ru v menjelekkan nama orang (menodai nama baik, merugikan kehormatan, dsb),” tulis Rifan yang diunggah di akun @Rifanpecros.

Rifan Herriyadi (twitter)

Rifan Herriyadi (twitter)

Tak terima dengan tuduhan itu Jonru akhirnya melaporkan keduanya. “”Laporan saya diterima siang tadi sekitar jam 14.00 WIB. Nomor laporannya: LP/4407/ XII/2014/PMJ/Dit Reskrimsus,” kata Jonru.

Jonru melaporkan Sahal dan Rifan atas tuduhan melanggar UU ITE Pasal 27 ayat (3), dengan dakwaan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Tuduhan ini ditanggapi santai oleh Sahal. Dia malah beberapa kali terlibat candaan dengan teman-temannya di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya