SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Dok/JIBI)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Dok/JIBI)

SOLO–Menjelang akhir periode pemerintahannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru sadar betapa pentingnya jejaring sosial seperti Twitter. Tahu enggak, presiden kita itu baru buat akun di Twitter pada Sabtu (13/4/2013) lalu.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Dalam akun @SBYudhoyono itu tertulis akun resmi SBY yang ditulis staf khusus presiden. Twit dari presiden langsung ditandai dengan simbol *SBY*. Hebatnya, hingga Senin (15/4) per pukul 13.05 WIB, akun orang nomor satu di Indonesia itu diikuti sebanyak 735.008 pengikut. Wow!

Pengikut akun SBY itu bertambah secara signifikan hampir setiap detik. Dalam hitungan 15 menit sebanyak 3.134 tweps mengikuti akun SBY. Berdasarkan asumsi tersebut, akun SBY diikuti minimal tiga tweps per detiknya. Para pengikut akun SBY berasal dari semua umur mulai dari remaja sampai orang dewasa dan semua kalangan.

“Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia Twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*,” twit ?@SBYudhoyono kali pertama pada Sabtu lalu.

Selama tiga hari terakhir, SBY baru mentwit sebanyak 27 kali. Twit ke-27, SBY menyampaikan pesan bijak kepada pengguna Twitter. “Memfitnah dan buruk sangka hanya bikin hati panas dan terbakar, bersabar dan baik sangka bikin hati teduh dan bahagia. *SBY*,” kicaunya.

SBY juga memberi motivasi kepada para pelajar agar belajar giat selama menghadapi ujian nasional (UN). Ia pun prihatin dengan peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air.

Tampaknya SBY harus siap mental dengan akun barunya itu. Mengapa tidak? Akun baru itu dibanjiri kritikan dan harapan dari semua kalangan di negeri ini. Kritikan yang paling pedas hadir dari para tweps terkait dengan karut-marutnya UN SMA/SMK/MA. Ica (?@niisaelnaz) berkicau supaya SBY megerti kondisi para siswa yang pengin lulus.

Udah 20 paket, pake barcode, LJ [lembar jawab] UN jelek. Trus apalagi? Tolong mengerti kami ya pak, kami semua ingin LULUS!!!!! @SBYudhoyono @Kemdikbud_RI,” twitnya.

Keluhan tentang UN juga datang ari @artikaa yang merasa bingung dan terlalu asing. Selain itu ia menilai lembar jawab kerja (LJK) UN terlalu tipis, sehingga mudah robek. ?@hyukvoice beda lagi. Ia justru bertanya kepada SBY tentang masa depan siswa melalui UN. “Apa masa depan siswa hanya ditentukan oleh UAN pak @SBYudhoyono ???.”

@rifkyafqari meminta SBY membaca keluhan tentang UN di Twitter. “Pak @SBYudhoyono tolong dibaca tuh keluhan UN 2013-nya ya, terus dikasih tahu ke Pak Mentrinya ya pak 🙂 kami bukan bahan percobaan :).” ?@mydidot pun meminta SBY untuk memperhatikan karut-marut pelaksanaan UN tahun ini, terutama di daerah yang harus menunda UN.

“Pak @SBYudhoyono tolong perhatikan karut-marut pelaksanaan UN tahun ini ya! Baru ini UN di tunda dan itu masa pemerintahan bapak.”

@nandoesbecks berharap kehadiran SBY di Twitter dapat berguna bagi masyarakat Indonesia. @alfian_0 pun berharap SBY menghapuskan UN tahun depan mengingat banyaknya kendala yang dihadapi penyelenggara UN pada setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya