SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Akun twitter milik Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial Andi Arief terindikasi dibajak, Andi disarankan untuk mengganti semua akun dan passwordnya.

“Prinsipnya sama, dia (pembajak) membaca dari password dan user id. Mungkin punya Pak Andi ini sama dengan yang lain. Jadi ketika satu tembus bisa jadi tembus dengan yang lain. Ini namanya account hijacking,” ujar analis senior keamanan jaringan dan pemantau trafik Internet Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), IGN Mantra, Kamis (25/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dijelaskan dia, si pembajak kemungkinan membaca user id dan password milik Andi di tempat lain. Misalnya saja di akun yahoo atau gmail yang tidak lagi dipakai. Setelah mengetahui user id-nya, si pembajak lantas menebak password-nya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk mengantisipasi si pengambil alih akun sudah tahu banyak tentang akun-akun dan password lainnya, sebaiknya Pak Andi segera menggantinya. gmail, yahoo, email yang lain, diganti saja semua dengan yang beragam,” lanjut Mantra.

Penggantian itu menurutnya harus cepat dilakukan karena ‘berlomba’ dengan si pembajak yang bisa jadi tidak hanya nakal tetapi juga liar. “Apalagi kalau akun negara, nanti repot,” ucapnya.

Selain itu, Andi pun disarankan agar secepatnya memberikan pengumuman resmi melalui media massa bahwa akun twitternya telah diambil alih orang lain. Hal ini penting agar tidak menimbulkan kecemasan masyarakat yang terlanjur sering mendapatkan informasi terkait kebencanaan dari Andi.

Andi selama ini memang dikenal suka meng-update informasi seputar penanganan bencana melalui situs mikrobloging twitter. Hingga pukul 01.30 WIB, Kamis (25/11), ia masih sempat mem-posting perkembangan terbaru Gunung Bromo.

“Awas Bromo:24 Nop 2010 pk. 00:00-18:00. Visual: Asap putih tebal kekuningan, mencapai ketinggian 150-200 m dari bibir kawah,” tulis Andi.

Namun, sekitar pukul 04.00 WIB, mulai ada hal-hal yang di luar kewajaran di time line kepunyaan bekas aktivis PRD ini. Si pembajak akun bahkan memposting pesan,”Besok jakarta tsunami.”

Staf Andi, A Supriyanto lewat akun Twitternya mengumumkan, “Subuh ini akun twitter milik Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bidang Bansos dan Bencana, dihack orang. Banyak pesan yang tidak benar ditulis oleh hacker tsb. Mohon ikut menginformasikan ke rekan2 lain. Tks”

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya