General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sadana. (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, MUNGKID — Taman Wisata Candi Borobudur menyiapkan 50 unit sepeda untuk menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2019). Menurut rencana, Presiden Jokowi akan bersepeda di kawasan wisata cagar budaya tersebut.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sadana di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019), mengatakan bahwa rencananya Presiden akan bersepeda mengelilingi Candi Borobudur. "Rencana bersepeda mengelilingi candi, beliau kalau tidak salah membawa sepeda sendiri, untuk yang lain-lain kami siapkan 50 sepeda," katanya.

Ia mengatakan Presiden Jokowi akan datang menuntaskan agenda kepresidenan di Candi Borobudur dengan bersepeda untuk melihat secara langsung kondisi candi Buddha peninggalan sejarah purbakala itu. Kemungkinan ada beberapa hal yang dianggap Kepala Negara perlu ditambah seiring ditetapkannya Candi Borobudur sebagai tujuan utama wisata sebagai Bali kedua .

Ia menuturkan Presiden Jokowi bersepeda dari pelataran baru ke kompleks candi dan rencananya juga akan berdialog dengan pedagang sentral kerajinan makanan Borobudur (SKMB). Selain itu, katanya, Kepala Negara juga direncanakan menanam pohon di Pelataran Lumbini, sebelah barat Candi Borobudur.

Ia menyebutkan 300 dari 700 pohon dari Kementerian Lingkungan Hidup akan ditanam di sekitar Pelataran Lumbini. Sedangkan, sisanya ditanam di titik-titik yang ada di sekitar kawasan candi.

Ia menyampaikan selama kunjungan Presiden Joko Widodo di Borobudur, tidak ada penutupan akses bagi pengunjung. "Beliau tidak mau begitu, jadi semua mengalir seperti biasa. Pengunjung umum tetap bisa masuk ke Candi Borobudur," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten