SOLOPOS.COM - Ilustrasi (kabar24.com)

Ilustrasi (kabar24.com)

PALEMBANG – PT Bakrie Telecom Tbk meluncurkan layanan Klik On, akses internet untuk semua tipe dan jenis televisi bagi 39 juta konsumen yang memiliki pesawat televisi di rumah, tetapi belum memiliki perangkat personal komputer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom mengatakan kebutuhan keluarga mengakses internet terus bertambah, tetapi penetrasi PC di Indonesia baru sekitar 7 juta unit, sementara televisi mencapai 50 juta unit. Mayoritas akses masih melalui ponsel atau warung internet (warnet) yang kurang bisa dipantau oleh orangtua.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami meluncurkan ini agar semua orang bisa menikmati layanan, apapun tipe dan merek televisi bisa langsung digunakan sebagai sarana mengakses internet,” ujarnya pada peluncuran Klik On, hari ini. Layanan ini diluncurkan perdana di Palembang, menyasar 240.000 konsumen pemilik televisi yang belum memiliki PC di rumah. Mayoritas pengguna diprediksi adalah ibu rumah tangga dan anak. “Palembang menjadi pilihan pertama, kami ingin membuktikan peluncuran produk itu tidak harus terfokus di Pulau Jawa,” ujarnya.

Ajay Mathur, Business Head PT Bakrie Telecom, menjelaskan Palembang menjadi kota pertama, diikuti olehh Pekanbaru, Balikpapan, Semarang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya hingga pertengahan tahun ini. Hingga akhir tahun penetrasi ditargetkan mencapai 24 kota.

Perangkat tersebut mudah digunakan, cukup plug and play, bisa untuk semua jenis televisi dengan konten lokal, ketersediaan bahasa Indonesia, serta konten pendidikan seperti bahasa Inggris dan matematika. Masyarakat pengguna layanan ini akan menikmati fasilitas akses dan konten, termasuk konten lokal layaknya smart TV. Bedanya, harga paket berisi set top box, modem, dan keyboard jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli PC atau smart TV.

Sebanyak 39 juta dari total penetrasi televisi ternyata belum memiliki PC. Segmen konsumen ini yang dibidik oleh Bakrie Telecom dengan paket perangkat Rp995.000 per set dengan biaya langganan Rp125.000 per bulan. Jastiro Abi, Direktur Keuangan PT Bakrie Telecom, mengatakan layanan ini merupakan langkah awal dari beberapa paket yang akan dikeluarkan Bakrie Telecom tahun ini untuk mendorong pasar pengguna layanan data.

“ARPU (average revenue per user-red) saat ini terbesar dari layanan data. Dalam tiga hingga lima tahun ke depan kami targetkan layanan data akan menyumbang 50% dari total pendapatan perusahaan,” ujarnya. Rata-rata belanja pulsa per pelanggan (ARPU) Bakrie Telecom saat ini sebesar Rp22.000 per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya