SOLOPOS.COM - Petugas menyita dua belas kayu sonokeling yang telah dicuri dari hutan Ponorogo, Minggu (7/2/2021). (Istimewa)

Solopos.com, PONOROGO -- Petugas dari Unit Reskrim Polsek Badegan, Ponorogo, berhasil menggagalkan pencurian kayu sonokeling.Para Pelaku mencoba sempat mengelabui petugas. Mereka menutupi kayu curian dengan karung berisi sekam dan rumput. Satu orang ditangkap, satu lainnya kabur.

Kapolsek Badegan, Iptu Agus Wibowo, mengatakan pelaku pembalakan liar itu ditangkap pada Minggu (7/2/2021). Lokasinya di jalan Desa Karangan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak dua belas batang kayu sonokeling berbagai ukuran diangkut mobil Daihatsu Gran Max pikap berpelat nomor AE 8926 GA. Pelaku menutup dua belas batang kayu sonokeling tersebut dengan 21 karung berisi sekam dan rumput kering. Setelah itu ditutup dengan terpal warna biru.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Sudah Diresmikan, Pasar Legi Ponorogo Belum Boleh Ditempati, Lho?

“Pelaku ini sangat lihai dalam menjalankan aksinya. Jadi, seolah-olah pelaku mengangkut gabah. Tetapi, karena kejelian petugas, aksi tersebut pun akhirnya bisa digagalkan,” kata dia, Rabu (10/2/2021).

Agus menuturkan kejadian ini bermula saat adanya informasi bahwa di hutan milik Perhutani, RPH Watubonang, BKPH Ponorogo Barat, sering terjadi pencurian kayu sonokeling. Petugas kemudian melakukan penyelidikan hingga memperoleh informasi akurat yang berujung pada penagkapan pelaku.

Saat mencoba menghentikan kendaraan pengangkut kayu ilegal itu, lanjut Agus, sopir melarikan diri ke sawah. Petugas hanya berhasil menangkap satu tersangka bernama Sugeng Prasetyo, 27, warga Mejayan, Kabupaten Madiun.

Kejadian Langka, Masjid Di Pacitan Ini Terseret Arus Sungai Sampai Ke Laut

“Kerugian sekitar Rp4,2 juta. Tersangka akan dikenai Pasal 83 ayat (1) UU No. 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan Jo Pasal 55 KUHP,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya