SOLOPOS.COM - Profesor Simon Cox (kiri) dan putranya James Cox (Phys.org)

Profesor Simon Cox (kiri) dan putranya James Cox (Phys.org)

JOGJA—Pakar komputer Universitas Southampton, Inggris berhasil membuat superkomputer dari 64 Raspberry Pi dan lego.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim terdiri dari Profesor Simon Cox, Richard Boardman, Andy Everett, Steven Johnston, Gereon Kaiping, Neil O’Brien, Mark Scott and Oz Parchment, dan putra Professor Cox, James Cox yang masih berusia enam tahun. James ikut membantu tim dalam mengembangkan lego dan mengetes sistem.

“Kami mencari seberapa banyak kebutuhan Raspberry Pi dan menghubungkan menjadi superkomputer. Kami mengembangkan dengan software standar Debian Wheezy dan membuat petunjuknya sehingga siapa saja kini dapat membangun superkomputer mereka sendiri,” ujar Profesor Cox seperti dilansir website Universitas Southampton, Rabu (12/9).

Susunan sistem dibangun dengan lego oleh Simon and James, dan mengeteskanya dengan bantuan bahasa pemrograman Python dan Scratch. Mesin yang diberi nama Iridis-Pi ini, memiliki 13 Amp soket utama serta MPI (Message Passing Interface) untuk berkomunikasi dengan node Ethernet.

Untuk membangun superkomputer tersebut dibutuhkan dana £2.500 atau sekitar Rp38.483.250 (di luar switches) dengan total 64 processors dan 1TB kartu memori (16GB SD card untuk setiap perangkat Raspberry Pi). Professor Cox menggunakan plug-in gratis, Python Tools for Visual Studio untuk mengembangkan kode Raspberry Pi.

Raspberry Pi adalah sistem hardware komputer mungil yang dikembangkan Yayasan Raspberry Pi dan dijual dengan harga murah.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat superkomputer yang sama dapat mengikuti panduan melalui alamat berikut ini http://www.soton.ac.uk/~sjc/raspberrypi. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya