SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA–Serat buah dan sayuran baik untuk pencernaan, juga untuk kesehatan pembuluh darah.  Peneliti dari University of Leeds’ School of Food Science and Nutrition, menemukan konsumsi rutin serat mengurangi risiko serangan stroke.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penelitian sebelumnya menyatakan serat diet bisa menurunkan risiko stroke, termasuk tekanan darah tinggi dan tingkat kolesterol jahat. Dalam studi terbaru ini, peneliti menemukan setiap peningkatan 7 gram konsumsi serat per hari ternyata berpengaruh terhadap 7 persen penurunan risiko stroke.

“Konsumsi makanan kaya serat seperti whole grain, buah, sayuran, dan kacang-kacangan sangat penting untuk semua orang. Terutama untuk orang yang mempunyai risiko stroke seperti orang yang obesitas, merokok, dan bertekanan darah tinggi,” tutur Diane Threapleton selaku kepala penelitian kepada Daily Mail, Minggu (31/03/2013).

Dalam studi ini tim peneliti menganalisa delapan studi yang diterbitkan antara tahun 1990 dan 2012. Dalam kumpulan studi tersebut dilaporkan ada beberapa jenis risiko stroke yang diteliti. Seperti yang paling umum menyerang yaitui schemic stroke, tipe stroke dimana terjadi penggumpalan darah ke otak.

Tiga studi lainnya mengevaluasi stroke haemorrhagic yang terjadi saat pembuluh darah mengalami pendarahan ke otak atau permukaannya. Faktor risiko stroke lainnya seperti merokok dan umur juga dimasukkan. Hasil menunjukkan jumlah serat diet yang dikonsumsi berhubungan dengan jumlah penurunan risiko stroke.

Studi menunjukkan orang yang banyak mengonsumsi serat tidak larut mempunyai tekanan darah dan berat badan lebih rendah. Kedua hal inilah yang memicu risiko stroke. Serat tidak larut terdapat dalam makanan seperti whole wheat, whole grain, sayuran, kulit buah, dan wheat bran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya