SOLOPOS.COM - Situasi Gerbang exit tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Kamis (30/4/2020), setelah keluarnya larangan mudik dari pemerintah. (Tri Rahayu/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN – Jumlah kendaraan yang masuk Tol Solo-Kertosono (Soker) via gerbang Pungkruk Sragen pada momen Lebaran 2020 menurun drastis. Pada H+1 Lebaran atau Senin (25/5/2020) jumlah kendaraan masuk Gerbang Tol Pungkruk mencapai 1.191 unit.

Sementara jumlah kendaraan yang keluar dari tol via Gerbang Pungkruk mencapai 1.137 unit. Berdasar data yang dihimpun dari PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Selasa (26/5/2020), jumlah kendaraan yang masuk maupun keluar via Gerbang Pungkruk didominasi golongan I yang kebanyakan kendaraan pribadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dibandingkan pada hari H Lebaran, Minggu (24/5/2020), jumlah kendaraan yang masuk atau keluar tol via Gerbang Pungkruk Sragen pada Senin mengalami kenaikan. Pada Minggu, jumlah kendaraan masuk Gerbang Tol Pungkruk mencapai 781 unit. Sementara jumlah kendaraan yang keluar Gebang Tol Pungkruk mencapai 1.022 unit.

223 Pedagang di Pasar dan Swalayan Karanganyar Ikut Rapid Test Massal, Ini Hasilnya

Jika dirata-rata, jumlah kendaraan yang masuk tol via Gerbang Pungkruk Sragen pada Senin mencapai 49,6 unit/jam. Sementara jumlah kendaraan yang keluar tol via Gerbang Pungkruk Sragen pada Senin rata-rata mencapai 47,3 unit kendaraan/jam.

Jumlah itu mengalami penurunan signifikan dibandingkan momentum Lebaran 2019 lalu. Pada 2019 lalu, jumlah kendaraan yang masuk tol via Gebang Pungkruk pada H+1 berkisar 350-450 kendaraan per jam.

Jalan Raya Sukowati Lengang

Sementara itu, suasana lengang juga terlihat di Jl. Raya Sukowati pada H+2 Lebaran atau Selasa (26/5/2020). Tidak ada penumpukan volume kendaraan yang membuat arus lalu lintas terganggu.

“Pergerakan masyarakat di Lebaran kali ini memang berkurang karena pandemi Corona. Tidak seperti Lebaran tahun lalu. Apalagi, kami juga berupaya membatasi pergerakan masyarakat melalui penyekatan lalu lintas bekerja sama dengan Satlantas Polres Sragen,” jelas Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, David Hendrata.

Peringatan WHO: Puncak Gelombang Kedua Covid-19 Diprediksi Akhir 2020, Tetap Waspada!

David menjelaskan pada H+2 Lebaran ini, petugas Dishub dan Satlantas Polres Sragen berusaha menghalau kendaraan dari arah Jawa Timur yang ingin masuk Sragen. Langkah itu ditempuh demi mencegah potensi persebaran Covid-19.

“Kami tidak tahu apakah pengguna jalan itu berasal dari zona merah atau bukan. Kalau iya, kami lakukan screening dan minta mereka putar balik,” terang David.

27 dan 28 Mei 2020 Matahari di Atas Ka'bah, Saatnya Cek Arah Kiblat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya