SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepak bola (Alarabiya.com)

Harianjogja.com, SEMARANG—Sebanyak 75 tim sekolah sepak bola (SSB) dari berbagai daerah di Indonesia akan tampil pada turnamen sepak bola Piala So Nice III di Semarang, mulai 23 hingga 26 Juni 2014.

Ketua Pantia Penyelenggara Piala So Nice Sartono Anwar di Semarang, Kamis (19/6/2014), mengatakan, mereka akan tampil pada tiga kelompok umur, yaitu kelahiran 2001, 2002, 2003, dan 2004.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Seleksi keabsahan pemain akan dilakukan dua hari, yaitu Sabtu (21/6/2014) dan Minggu (22/6/2014),” katanya.

Menurut mantan Pelatih PSIS Semarang tersebut, tim SSB yang ikut kelompok kelahiran 2001 sebanyak 24 tim, kelahiran 2002 sebanyak 32 tim, kelahiran 2003 sebanyak 24 tim, dan kelahiran 2004 sebanyak 24 tim.

“Memang kalau dilihat jumlah timnya cukup banyak. Akan tetapi, kalau dilihat secara nyata yang ikut sekitar 75 tim karena ada satu tim yang ikut dalam empat kelompok umur atau satu tim ikut dua kelompok usia atau satu tim turun pada dua kelompok usia dan lain sebagainya,” katanya menegaskan.

Tim-tim yang tampil pada turnamen sepak bola Piala So Nice III tersebut, menurut dia, datang dari berbagai kota di Jawa Tengah seperti Solo dan tuan rumah Semarang kemudian Yogyakarta, Surabaya, Tangerang, Jakarta, Bali, Papua, dan Samarinda (Kalimantan Timur).

Dibandingkan pelaksanaan Piala So Nice II 2012, kata dia, jumlah tahun ini lebih banyak karena dulu komposisinya 75 persen tim dari Semarang selebihnya dari luar Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini. Akan tetapi, kalau tahun ini komposisinya 50% dari Semarang dan 50% dari luar Semarang, termasuk luar provinsi Jateng.

Sistem yang akan dipakai pada turnamen sepak bola antar-SSB ini, menurut dia, akan dibagi dalam beberapa grup yang menggunakan sistem setengah kompetisi kemudian untuk babak selanjutnya memakai sistem gugur, sedangkan babak final yang dilangsungkan di Stadion Citarum Semarang akan diambil tiga tim.

Pada babak final ini, lanjut dia, mereka saling bertemu untuk menentuka juara satu, dua, dan tiga karena juara satu hingga tiga masing-masing kelompok usia akan mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta kemudian juara kedua Rp3,5 juta, dan ketiga Rp2,5 juta.

Kemudian waktu pertandingan, lanjut dia, masing-masing kelompok umur juga berbeda. Untuk kelompok usia pemain kelahiran 2001 lamanya pertandingan 2 x 20 menit sedankan kelompok pemain kelahiran 2002, 2003, dan 2004 selama 2 x 15 menit. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya