TURNAMEN PRAMUSIM : Mahaka Ingin Gelar Turnamen, Ini Kata BOPI
Pesepakbola Persib Bandung, Toni Sucipto (kanan), berebut bola dengan pesepakbola Selangor FA Malaysia, Abdul Hadi Yayah (kiri), pada pertandingan Persahabatan International di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/5). Tim Maung Bandung berhasil mengalahkan klub asal negara Malaysia tersebut dengan skor akhir 4-2. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nz/15

Turnamen pramusim sepak bola akan digelar promotor Mahaka. BOPI akhirnya ikut berkomentar mengenai hal tersebut.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyatakan telah mempersilakan Mahaka Sports and Entertaiment untuk menggelar turnamen pramusim. Namun surat rekomendasi bisa dikeluarkan apabila semua persyaratan dinyatakan lolos verifikasi.

Mahaka telah mengganti nama turnamen pramusim dari Piala Presiden menjadi Piala Indonesia Satu, yang direncanakan diikuti oleh 18 klub ISL. Turnamen itu dijadwalkan bisa bergulir awal Agustus mendatang.

Sekjen BOPI, Heru Nugroho, mengatakan belum mengetahui nama baru yang diusung oleh Mahaka tersebut. Namun dia menampik telah memberikan surat dukungan kepada mereka untuk bisa mengadakan turnamen pramusim.

"Apabila pergantian nama kami belum tahu. Tapi beberapa waktu lalu, katanya mereka tidak jadi menggunakan nama Piala Presiden. Tapi kami mendukung Mahaka untuk membuat turnamen pramusim," ungkap Heru, seperti dilansir Detik, Kamis (25/6/2015).

Heru menjelaskan, BOPI baru akan mengeluarkan surat rekomendasi penyelenggaraan turnamen pramusim itu apabila semua persyaratan dinyatakan lolos verifikasi.

"Siapa saja yang ingin menggelar event olahraga profesional, BOPI akan dukung. Tapi kami akan melihat dulu persyaratan semua, nanti kami akan lakukan proses verifikasi," tukasnya.

BOPI mengakui turnamen pramusim yang akan digelar Mahaka ini tidak melakukan komunikasi dengan Tim Transisi karena bersifat independen. Mahaka mengatakan ?tidak ingin terjebak dengan situasi saat ini.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdulgani, menargetkan klub-klub besar Indonesia Super League (ISL) mengikuti turnamen pramusim yang akan digelar Mahaka setelah mendapatkan lampu hijau dari BOPI.

Hasani belum bisa memastikan klub-klub yang akan mengikuti turnamen pramusim tersebut. Hasani berharap klub-klub besar seperti Arema, Persija, dan Persib Bandung mau mengikuti turnamen tersebut.

Selain mempunyai basis pendukung besar, menurut Hasani, kehadiran klub-klub ini diharapkan menaikkan rating televisi apabila turnamen pramusim itu disiarkan langsung.

Sejak kompetisi dihentikan oleh PSSI pada 2 Mei lalu, PT Liga Indonesia selaku operator resmi ISL dan Divisi Utama sempat mencetuskan rencana pengadaan turnamen bertajuk QNB Championship Cup 2015. Sayang, karena terhalang izin keramaian dari kepolisian, seluruh pertandingan yang dijadwalkan harus batal.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom