SOLOPOS.COM - Tommy Robredo (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, CINCINNATI — Tommy Robredo mengejutkan petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic pada Kamis (Jumat WIB) di Cincinnati Masters, namun Roger Federer mampu menghindari kekalahan saat melawan petenis Prancis Gael Monfils.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petenis Spanyol Robredo, unggulan ke-16 pada turnamen pemanasan AS Terbuka ini, menaklukkan unggulan teratas Djokovic dengan skor 7-6 (8/6), 7-5, kekalahan yang terjadi hanya sepekan setelah petenis peringkat satu dunia asal Serbia ini disingkirkan pada putaran ketiga di Toronto.

Sang juara Wimbledon sekarang akan menghadapi AS Terbuka, Grand Slam terakhir sepanjang tahun yang akan dimulai pada 25 Agustus, dengan bekal pertandingan lebih sedikit serta modal kepercayaan diri yang kurang.

Unggulan kedua Federer, lima kali juara Cincinnati, mengalahkan Monfils dengan skor 6-4, 4-6, 6-3.

Ia akan memainkan pertandingan perempat final yang sulit melawan unggulan kedelapan asal Skotlandia Andy Murray, yang bertarung lebih dari dua jam untuk mengalahkan John Isner dengan skor 6-7 (3/7), 6-4, 7-6 (7/2).

Federer memperlihatkan sesuatu yang jarang terjadi ketika ia terlihat emosi pada fase akhir pertandingan, beradu argumen dengan wasit perihal keputusan untuk tidak melakukan peninjauan garis lapangan elektronik pada beberapa poin.

Namun Federer dengan cepat mendapatkan kembali ketenangannya, mengunci pertandingan pukulan serve kemenangan setelah mematahkan serve Monfils pada satu game sebelum game terakhir.

“Saya gembira dengan cara saya bermain sekarang,” tutur Federer. “Ini lebih baik daripada sejumlah pertandingan terakhir.” “Saya melepaskan pukulan-pukulan forehand yang bagus, tidak melakukan banyak kesalahan, mengembalikan (bola) dengan lebih baik,” tambahnya. “Maka terdapat banyak hal positif dari pertandingan ini. Terkadang membuat frustrasi, namun terkadang itulah yang Gael lakukan terhadap Anda.” Djokovic belum menyesuaikan diri Djokovic, yang menikah bulan lalu dan akan segera menjadi seorang ayah, mengatakan ini bukan masalah elemen-elemen baru dalam hidupnya mengganggu kehidupannya sebagai petenis.

“Saya hanya kalah pada pertandingan,” ucapnya. “Itu buruk. Banyak, banyak hal yang belum sesuai pada dua pekan ini di lapangan-lapangan keras. Itu ketidak beruntungan, namun tentu saja saya bermain bahkan tidak mendekati apa yang semestinya saya mainkan.” “Saya harus terus bekerja dan berusaha lebih baik lagi untuk AS Terbuka. Saya hanya merasa tidak nyaman. Itu saja.” Robredo begitu gembira dapat meraih kemenangan keduanya dari delpaan pertandingan melawan petenis peringkat satu dunia. Ia pernah mengalahkan Lleyton Hewitt di Roland Garros 11 tahun silam.

“Menakjubkan untuk berada di sini dan mengalahkan peringkat satu, saya lebih dari gembira,” kata Robredo (32), yang berikutnya akan menghadapi petenis unggulan keenam sekaligus kompatriotnya David Ferrer – yang menang 7-5, 6-0 atas Mikhail Youzhny.

Murray, yang masih mencari gelar pertamanya sejak Wimbledon pada 2013, kesulitan untuk mengembalikan permainan terbaiknya sejak kembali dari operasi punggung pada Januari.

“Ini merupakan pertandingan penting untuk saya menangi,” ucapnya. “Saya telah kalah pada sejumlah pertandingan pada beberapa bulan terakhir. Penting bagi saya untuk melaju.” Juara Australia Terbuka Stan Wawrinka, unggulan ketiga, melaju dengan mengalahkan petenis Kroasia Marin Cilic 3-6, 6-0, 6-1.

Unggulan kelima Milos Raonic menebus kegagalan menuntaskan pertandingan pada kesempatan sebelumnya dengan ace ke-30nya pada match point, setelah sebelumnya melakukan double fault sebanyak tiga kali saat mendapat kesempatan melakukan serve.

Petenis Kanada itu mengalahkan petenis AS Steve Johnson 6-7 (7/9), 6-3, 7-6 (7/4) dan selanjutnya akan menghadapi unggulan ke-15 asal Italia Fabio Fognini. Fognini mengalahkan petenis Taiwan Lu Yen Hsun dengan skor 3-6, 6-3, 6-3.

Sharapova dan Halep akan kembali bertemu Pada kategori putri di ajang yang mengkombinasikan turnamen ATP dan WTA ini, juara bertahan Serena Williams terus melaju dengan kesuksesannya mengalahkan unggulan ke-13 asal Italia Flavia Pennetta 6-2, 6-2.

Williams selanjutnya akan berhadapan dengan unggulan kedelapan Jelena Jankovic, yang mengalahkan Sloane Stephens dengan skor 7-6 (7/4), 6-4.

“Hari ini lebih baik daripada pertandingan pertama saya di sini,” kata Halep, juara di Bucharest bulan lalu dan runner up dari Maria Sharapova di Roland Garros. “Saya senang dapat memenanginya dalam dua set, sejak ia unggul 5-4.” Halep akan kembali bertemu dengan unggulan kelima Sharapova, yang mengalahkan sesama petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova 6-4, 7-6 (7/2).

Sharapova harus memainkan reli dari tiga kali break down pada set kedua, namun ia mampu menuntaskan pertandingan dalam dua set.

Petenis remaja Ukraina Elina Svitolina, yang mengalahkan juara ganda Wimbledon Petra Kvitova pada putaran kedua, kembali meraih kemenangan atas unggulan kedua dengan menaklukkan petenis peringkat 15 dunia asal Spanyol Carla Suarez Navarro, 4-6, 6-4, 6-4.

Ia berikutnya akan menghadapi mantan petenis peringkat satu dunia Ana Ivanovic, yang menang 6-2, 2-6, 6-3 atas Svetlana Kuznetsova.

Unggulan keempat Agnieszka Radwanska dari Polandia menaklukkan petenis Jerman Sabine Lisicki 6-1, 6-1, dan akan melawan petenis Denmar Caroline Wozniacki, yang menang 7-5, 6-2 atas unggulan keenam asal Jerman Angelique Kerber.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya