SOLOPOS.COM - Dua pebasket putri Indonesia Kimberley Pierre Louis (kanan) dan Agustin Elya G Retong (ketiga kanan) berusaha merebut bola dari pebasket putri Malaysia Sin Jie Tan (kedua kanan) saat pertandingan penyisihan group B Bola Basket 3x3 putri SEA Games 2023 di Morodok Techno Elephant Hall, Kamboja, Sabtu (6/5/2023). (Antara/M Agung Rajasa)

Solopos.com, JAKARTA – Kompetisi basket 3×3 bernama Mandiri 3×3 Indonesia Tournament yang juga turut menyertakan peserta putri membuat para pebasket putri Tanah Air mulai mencicipi atmosfer kompetisi.

“Senang rasanya ada Mandiri Indonesia 3×3 Tournament seri Jakarta. Kami bisa merasakan atmosfer pertandingan di level putri,” kata pemain dari tim Pluit Putri Club (PPC) Christine Valencia dalam siaran pers Perbasi, Senin (29/5/2023).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pebasket putri Indonesia saat ini memang tidak memiliki kompetisi layaknya Indonesia Basketball League (IBL) yang khusus untuk klub basket putra.

Kejuaraan bola basket untuk putri di Indonesia pernah diselenggarakan dengan nama Kompetisi Bola Basket Wanita (Kobanita) pada periode 2001 hingga 2008. Kobanita dibubarkan oleh Perbasi pada 2009.

Selanjutnya, kompetisi bola basket putri kembali digelar oleh DBL Indonesia dan Perbasi dengan nama Women National Basketball League (WNBL) pada tahun 2011. Namun sayangnya WNBL hanya terselenggara selama empat tahun, dengan musim terakhirnya diselenggarakan pada 2013-2014.

Beberapa waktu lalu, Perbasi juga sudah merencanakan diselenggarakannya kompetisi bola basket putri. Namun undangan dari Perbasi itu minim partisipan dengan hanya satu klub basket putri yang mendaftar.

Dengan hadirnya Mandiri 3×3 Indonesia Tournament yang khusus untuk pemain putra dan putri berusia 18 hingga 23 tahun ini diharapkan bisa sedikit mengobati ketiadaan kompetisi untuk para pebasket putri.

“Adanya turnamen ini membuat kami bisa berkompetisi dan bersaing dengan pemain-pemain putri lainnya,” kata pemain PPC lainnya Jesslyn Rianto.

Mandiri 3×3 Indonesia Tournament paling baru diselenggarakan di seri Jakarta setelah sebelumnya digelar di Jawa Timur dan Jawa Barat. Selanjutnya, kompetisi 3×3 ini akan berlanjut ke Jawa Tengah dan DIY sebelum berlanjut ke babak final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya