SOLOPOS.COM - Permintaan maaf pengguna akun Hery Kiss di dinding grup Facebook MIK Semar, Kamis (16/2/2017). (Facebook.com-MIK Semar)

 

Turn Back Hoax seakan bergaung di grup Facebook MIK Semar setelah beredarnya kabar bohong terkait banjir Semarang.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Semarangpos.com, SEMARANG – Banjir di Kota Semarang sempat menjadi perbincangan hangat publik dunia maya (netizen) karena sempat beredar kabar bohong atau hoax di grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar). Namun, demi mendukung gerakan Turn Back Hoax, netizen member MIK Semar tak lantas percaya bergitu saja dan justru mencibir penebar hoax yang menggunakan akun Facebook Hery Kiss itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun tak lama setelah menerima cibiran, Hery Kiss akhirnya memberikan klarifikasi di dinding grup, Kamis (16/2/2017) pukul 15.10 WIB. Ia mengaku tak bermaksud menyebarkan hoax atau kabar palsu mengenai banjir di Kota Semarang. Ia mengaku hanya ingin mengimbau agar warga Kota Semarang lebih waspada menghadapi banjir.

Mengenai kabar tanggul jebol yang juga ia sebarkan, Hery Kiss mengaku mendapat informasi itu dari salah satu grup Whatsapp. Foto banjir yang dianggap sejumlah netizen sebagai hoax juga ia dapatkan dari grup Whatsapp. Ia mengaku tak mengetahui jika kabar yang ia bagikan di grup Facebook MIK Semar adalah kabar bohong alias hoax.

Selain memberikan klarifikasi, Hery Kiss juga meminta maaf kepada seluruh anggota grup Facebook MIK Semar karena sempat membuat heboh dengan hoax-nya. “Bukan bermaksud membuat resah anggota dan sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” tulis Hery Kiss di dinding grup.

Sebelumnya, Hery Kiss memang membeberkan kabar mengenai banjir di Kota Semarang yang diakibatkan tanggul jebol. Ia juga mengunggah foto banjir yang mencapai tinggi perut orang dewasa. Sejumlah netizen yang tak mau termakan hoax yang bisa juga disebut mendukung gerakan Turn Back Hoax ramai-ramai menyatakan bahwa kabar dan foto banjir itu hanyalah hoax.

Hery Kiss juga sempat menerima cibiran dari sejumlah netizen meskipun kirimannya yang dianggap sebagai hoax telah ia hapus. Ia bahkan sempat akan dikeluarkan dari grup Facebook tersebut. Namun dengan klarifikasi dan permintaan maaf Hery Kiss, netizen member MIK Semar bersedia memaafkan dan memakluminya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya