SOLOPOS.COM - Bintang Timnas Wales, Gareth Bale (kanan) merayakan gol kedua timnya ke gawang Turki pada laga Grup A Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP)

Solopos.com, BAKU – Diwarnai Gareth Bale gagal mengeksekusi penalti, Wales menumbangkan Turki 2-0 pada matchday 2 Grup A Euro 2020, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB.

Gol dari Aaron Ramsey pada menit ke-42 serta Connor Roberts (90+5′) memastikan Wales meraih tiga poin di Baku Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan. The Dragons, julukan Timnas Wales, bahkan bisa menang lebih besar lagi andai megabintang sekaligus kapten mereka, Gareth Bale berhasil mengonversi penalti di babak kedua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan kemenangan ini, Wales pun membuka kans mereka lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Wales sementara naik ke posisi kedua klasemen Grup A dengan empat poin, di bawah Italia yang memastikan lolos ke 16 besar berkat kememangan 3-0 kontra Swiss.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Ekspedisi Mudik 2024

Raihan empat poin membuat Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur. Apakah sebagai dua tim teratas klasemen akhir Grup A maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen.

Sementara itu dengan dua kekalahan dari dua laga, Turki hampir pasti tereliminasi dari turnamen. Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan terbenam di dasar klasemen Grup A dengan nirpoin dan selisih gol -5.

Pada laga tersebut, Wales maupun Turki sejatinya saling jual-beli serangan pada 30 menit pertama. Wales kerap mengancam lewat Gareth Bale dan juga kecepatan Daniel James dari sisi sayap.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Sementara itu, Turki menghadirkan beberapa teror membahayakan untuk Wales lewat situasi set-piece, kreasi dari playmaker AC Milan, Hakan Calhanoglu.

Setelah laga babak pertama tampak akan berakhir nirgol, Aaron Ramsey memecah kebuntuan untuk timnya dan membawa Wales unggul 1-0.

Menit ke-42, Bale tampak sedikit mundur ke belakang untuk mendapatkan bola. Ia kemudian melepas umpan lambung yang brilian ke kotak penalti, yang sukses membelah barisan pertahanan Turki. Datang dari belakang, Ramsey yang merangsek ke kotak penalti lepas dari pengawalan, sebelum mengontrol bola dengan dada dan lantas melakukan finishing yang mengecoh kiper Turki.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Wales memperoleh kesempatan bagus untuk menggandakan keunggulan mereka saat mendapat hadiah tendangan penalti. Tapi Bale yang jadi algojo pada menit ke-61 malah melepaskan sepakan tinggi di atas mistar gawang.

Wales menggandakan keunggulan pada menit kelima injury time. Bale dengan cermat mengirim umpan tarik untuk diselesaikan Connor Roberts yang mengunci kemenangan 2-0 atas Turki.

 

Susunan Pemain

Turki: Cakir; Zeki Celik, Kaan Ayhan, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu; Kenan Karaman, Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan, Cengiz Under; Burak Yilmaz. Pelatih: Senol Gunes (Turki)

Wales: Ward; Roberts, Mepham, Rodon, Davies; Morrel, Allen; Bale, Ramsey, James; Moore. Pelatih Interim: Rob Page (Wales)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya