Kategori: Sepak Bola

TUR PRAMUSIM : El Clasico di Miami, Derby Manchester di Houston


Solopos.com/Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos

Tur Pramusim akan menyajikan laga El Clasico.

Solopos.com, LOS ANGELES — Benua Amerika dan Asia masih menjadi destinasi favorit tim-tim besar Eropa untuk melakoni tur pramusim.

Dua tim raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, bakal terbang puluhan ribu kilometer untuk menyambangi Amerika Serikat. Bahkan, Barcelona dan Madrid, akan mementaskan laga el clasico di Hard Rock Stadium, Miami, Florida, 30 Juli mendatang.

Inilah kali pertama el clasico dimainkan di bagian utara Benua Amerika, sekaligus kali kedua di luar Spanyol sejak kedua tim bertemu di Piala Venezuela pada 1982. Saat itu, Madrid menang dengan skor 1-0 lewat gol semata wayang dari Vicente Del Bosque.

Selain bertemu Madrid, Barcelona juga akan menghadapi Juventus dan Manchester United selama menjalani tur pramusim mereka di Negeri Paman Sam. Sementara Madrid akan meladeni MLS All-Star sebelum bertemu musuh bebuyutan mereka di Miami.

Selain el clasico, penggila sepak bola di Amerika Serikat juga akan dimanjakan duel Derby Manchester antara Manchester United versus Manchester City. Tim yang masing-masing dibesut Jose Mourinho dan Josep “Pep” Guardiola itu akan bertemu di NRG Stadium, Houston, Texas, 21 Juli 2017 mendatang. Pertandingan ini sekaligus menebus kegagalan mereka menggelar Derby Manchester di Tiongkok pada tur pramusim tahun lalu yang batal karena cuaca buruk.

Skuat United sudah tiba di Los Angeles (LA), Amerika Serikat, Minggu (9/7/2017). Tim berjuluk Setan Merah tersebut membawa hampir semua pemainnya. Bahkan, bomber baru United, Romelu Lukaku, yang baru saja dibeli dari Everton dengan banderol 75 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) digadang-gadang akan ikut bergabung dengan Marcus Rashford dkk.

Namun kunjungan United ke Amerika Serikat tentu bukan sekadar untuk liburan dan mengunjungi fans. Setan Merah dan tim-tim Eropa lain rela menempuh jarak puluhan ribu kilometer dan menyeberangi benua untuk mengeruk pendapatan dari tur pramusim ini lewat tiket penonton, siaran televisi, hingga penjualan merchandise.

Madrid, Barcelona, dan Manchester United merupakan tim dengan tingkat popularitas tertinggi di dunia. Tak ayal, tiket pertandingan mereka akan selalu diserbu saat tur pramusim meski digelar di Amerika Serikat, tempat di mana sepak bola kurang begitu populer di sana.

Tapi tak sedikit tim-tim besar Eropa yang masih menjadikan Asia sebagai sasaran menggiurkan untuk mengembangkan pasar. Seperti halnya Chelsea, Inter Milan, dan Bayern Munich yang akan bertanding di Singapura. Sementara selain Tiongkok, Arsenal akan terlebih dahulu melawat ke Australia.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi