SOLOPOS.COM - Polwan menggunakan trasportrasi modern segway berpatroli di mal Kota Surabaya. (Detik.com)

Tunjungan Plaza Surabaya semakin dijamin keamanannya dengan rutinitas Polwan yang berpatroli.

Madiunpos.com, SURABAYA — Sejumlah wanita polisi atau lazim dijuluki polwan yang bertugas menjaga kemananan pusat prbelanjan Tunjungan Plaza Surabaya kini dibekali alat trasportrasi modern berupa segway.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Yan Fitri Halimansyah, mengatakan kehadiran polisi bukan untuk mengganggu atau menyusahkan, justru ingin memberi kenyamanan bagi iklim usaha dan pengusahanya untuk menjalankan usaha dengan tenang dan nyaman, termasuk keamanan di mal.

“Pengamanan adalah implementasi negara di tengah aktivitas masyarakat. Dan implementasi itu diwujudkan dalam bentuk patroli polwan,” kata Yan Fitri dalam sambutannya dalam peluncuran Patroli Srikandi Polrestabes Surabaya di Atrium Tunjungan Plaza, Selasa (18/8/2015), seperti diberitakan Detikcom.

Yan Fitri menegaskan patroli Srikandi semakin melengkapi program Polrestabes Surabaya untuk membirukan Surabaya. Surabaya biru merupakan program Yan Fitri yang melarang mobil patroli untuk mematikan lampu rotator warna birunya di malam hari. “Keamanan adalah investasi. Tidak ada negara yang maju tanpa keamanan yang memadai,” ujar Yan Fitri.

Kasat Pengamanan objek Vital (Pam Obvit) Polrestabes Surabaya, AKBP Minarti mengatakan patroli di mal hanya salah satu dari sekian banyak tempat patroli yang dilakukan Polrestabes Surabaya. Menurut dia, patroli tidak hanya menyasar keamanan mal, tetapi juga objek vital, titik tertentu, dan juga keramaian.

“Kami setiap harinya terus berpatroli yang dibagi dalam tiga sif. Khusus patroli di mal, dilakukan oleh Satuan Pam Obvit sesuai dengan fungsinya,” jelas Minarti.

Ditanya penggunaan alat trasportrasi modern segway dalam pengamanan, Minarni menjawab, salah satu cara terbaru bagi polisi dalam melakukan patroli di mal. “Awalnya ada dua segway. Ke depannya mungkin akan ada lebih banyak lagi segway. Dan tidak di Tunjungan Plaza saja,” terang Minarti.

Bikan hanya keamanan mal di Surabaya, penggunaan alat trasportrasi modern segway untuk memperlancar tugas polisi juga dilakukan di Jakarta. Diberitakan Detikcom, Kamis (2/7/2015), Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menerima hibah barang dari pengusaha Djan Faridz. Hibah tersebut berupa 300 unit sepeda kayuh dan 10 unit segway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya