SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Hasil ujian nasional (UN) SMP/MTs baru akan diumumkan Jumat (7/5) mendatang. Berbagai kegiatan dilakukan sekolah untuk mengisi waktu selama menunggu pengumuman tersebut.
Salah satunya yang cukup unik dilakukan para siswa MTS Negeri Purwantoro, Rabu (28/4) pagi. Bersama-sama guru, pegawai sekolah dan siswa Madrasah Aliyah (MA) setempat, para siswa tersebut melakukan kerja bakti membersihkan Terminal Bus Purwantoro yang terletak tak jauh dari gedung sekolah mereka.

Kepala MTs Negeri Purwantoro, Giman, kepada wartawan mengungkapkan, selain untuk mendukung Purwantoro bersih mengingat Purwantoro merupakan pintu gerbang Wonogiri bagian timur, kegiatan tersebut juga untuk memberikan pembelajaran kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar selalu bersih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kegiatan ini sifatnya simultan, tapi kalau dipandang bermanfaat mungkin bisa dijadikan agenda rutin. Tadi  pesertanya sekitar 250 orang, terdiri atas siswa, guru dan pegawai. Tujuannya ya supaya siswa khususnya kelas XII yang tinggal menunggu hasil UN tidak keluyuran tanpa tujuan jelas,” katanya.

Kegiatan bakti sosial seperti yang dilakukan kemarin, kata Giman, tidak hanya akan berhenti di terminal bus. Menurut rencana bakti sosial itu akan dilanjutkan di terminal Pasar Purwantoro, Kamis (29/4) ini.
Kondisi terminal pasar itu tidak kalah kumuh dan kotornya dibandingkan Terminal Bus Purwantoro. Untuk itu, Giman mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kelompok-kelompok usaha di lingkungan itu, termasuk para sopir angkutan dan komunitas lain.

“Selain membersihkan sampah dan mengangkut bahan-bahan material yang membuat kumuh, kerja bakti tadi juga termasuk menutup jalan yang berlubang,” jelas Giman.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Wonogiri asal Purwantoro, Catur Winarko mengatakan, apa yang dilakukan para siswa MTsN tersebut bisa menjadi teladan bagi masyarakat lainnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Selama ini lingkungan terminal dan juga pasar selalu terkesan kotor dan kumuh. Karena itu, dengan bakti sosial  bersih-bersih ini diharapkan bisa membuat warga dan pengunjung yang datang ke Purwantoro merasa nyaman,” katanya.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya