SOLOPOS.COM - Persebaya Surabaya saat bertanding melawan Persik Kediri dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). (Istimewa/Antara)

Solopos.com, BANDUNG-– Pelatih Persebaya Aji Santoso menjelaskan strateginya menghadapi Persik Kediri hingga berhasil menang hanya dengan 10 pemain setelah Rizky Ridho diganjar kartu merah.

Rizky Ridho harus keluar dari lapangan pada menit ke-35 setelah mendapat dua kartu kuning dari wasit. Otomatis setelahnya Aji Santoso harus putar otak dengan modal hanya 10 pemain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ketika Rizky Ridho mendapatkan kartu merah saya menarik ke belakang posisi Ady Setiawan, yang sebelumnya kami menggunakan formasi 4-2-3-1, menjadi 4-4-1,” kata Aji seusai pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021) seperti dilansir Antaranews.

Baca juga:Klasemen Liga Inggris Pekan 29: Man City Di Atas Awan, Tottenham Dekati Chelsea

Setelahnya, Persebaya berhasil menahan sejumlah gempuran Persik Kediri hingga babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Di ruang ganti, Aji mengaku memberi petuah kepada anak asuhnya agar bermain lebih tenang dan tidak gugup meski dengan pemain yang kurang komplet.

Selain itu, ia meminta para pemain Bajul Ijo agar bermain dengan gaya Persebaya yang tak terlalu lama membawa bola hanya dengan beberapa sentuhan.

“Terbukti di babak kedua dengan 10 pemain kami justru menguasai jalannya pertandingan,” kata Aji.

Baca Juga: Sejumlah Area Dianggap Gelap, Pencahayaan Stadion Manahan Solo Jadi Sorotan

Pemain Muda

Sementara itu, pencetak dua gol kemenangan Persebaya yakni Samsul Arif mengatakan banyak pemain muda yang bekerja keras menjadi faktor Persebaya tetap kokoh meski hanya dengan 10 pemain.

“Banyak sekali overlap, banyak bola ke depan kita dibantu dengan pemain-pemain muda persebaya sekarang,” kata Samsul.

Pemain dengan nomor punggung 9 itu mencetak dua gol dari titik putih dalam laga perdananya di Piala Menpora. Dua gol itu tercipta di menit ke-67 dan menit ke-71, meski sebelumnya Persik Kediri unggul terlebih dahulu.

Baca Juga: Bisa Jadi Model Kompetisi Era Pandemi, Begini Ketatnya Prokes Pembukaan Piala Menpora

Faktor Mental

Di sisi lain, pelatih Persik Kediri Joko Susilo menyoroti faktor mental para pemainnya setelah menelan kekalahan 1-2 melawan Persebaya Surabaya dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Joko menilai kendati hanya melakukan sedikit kesalahan, hal itu membuat Persik gagal menjaga keunggulan yang sempat mereka miliki lewat eksekusi penalti Andri Ibo.

“Jadi sedikit membuat kesalahan yang harusnya unggul menjadi kalah. Tidak masalah karena ini dalam proses membangun tim, ini jadi pelajaran berharga bagi tim kami,” kata Joko selepas pertandingan.

Baca Juga: Messi Capai Rekor Saat Barcelona Pesta 6 Gol Di Markas Real Sociedad

Maka dari itu, ia mengaku akan memperbaiki kembali mental para anak asuhnya itu. Karena, kata dia, mental yang dibutuhkan adalah mental menang dan mental juara dalam setiap laga.

“Tentu mental juara, mental menang, menang tidak mau kalah dan mental menahan emosi atau lebih efektif lagi kita,” kata Joko.

Kendati Joko tak menyebut kesalahan yang dimaksud, Persik harus kehilangan keunggulan mereka setelah Andri Ibo melakukan pelanggaran di dalam area terlarang sehingga Persebaya menyamakan kedudukan melalui Samsul Arif pada menit ke-67.

Baca juga: Tundukkan Borneo FC, Ini Kunci Kemenangan Bhayangkara Solo FC

Andri Ibo memang mengakui pelanggaran yang dibuatnya itu berakibat fatal hingga timnya berhasil dibekuk lawan. Meski begitu, Andri Ibo mengaku bertekad untuk memperbaiki kesalahannya itu di laga-laga berikutnya.

“Kekalahan ini jadi pelajaran bagi kita untuk memperbaiki di pertandingan selanjutnya,” kata Andri.

Persik selanjutnya dijadwalkan menghadapi PSS Sleman pada Kamis (1/4/2021) pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya