SOLOPOS.COM - (Getty Images)

(Getty Images)

AMSTERDAM--Borussia Dortmund memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Bertanding melawan tuan rumah Ajax Amsterdam, tim besutan Juergen Klopp itu menang telak 4-1.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada pertandingan yang berlangsung di Amsterdam ArenA, Kamis (22/11/2012) dinihari WIB, Ajax tampil mendominasi di awal-awal. Tim besutan Frank De Boer itu tampil apik dalam mengalirkan bola-bola pendek dari kaki ke kaki pemainnya.

Namun, lewat satu serangan yang tidak menggebrak, Dortmund justru unggul lebih dulu. Gol bermula dari pergerakan pelan-pelan Mario Goetze di sisi kanan dengan bola di kakinya. Ia kemudian melihat Marco Reus yang berlari masuk ke dalam kotak penalti.

Bola pun diberikan kepada Reus, dan gelandang internasional Jerman itu tidak membuang waktu lama; dia langsung melepaskan tendangan datar ke gawang Kenneth Vermeer. Tim tamu pun unggul.

Ajax kemudian mendapatkan peluang melalui Derk Boerrigter pada menit ke-22. Namun, tendangannya masih bisa diblok. Tak lama setelahnya, giliran Christian Eriksen yang mendapatkan kans. Namun, tendangannya melambung.

Dortmund kemudian menambah keunggulan di menit ke-36. Kali ini aksi brilian Goetze yang menggiring bola dari sisi kiri lapangan diakhiri dengan sebuah sepakan kaki kanan ke arah tiang dekat. Vermeer sudah melompat untuk menjangkau bola, namun gagal. Ajax 0, Dortmund 2.

Keunggulan itu kemudian bertambah menjadi 3-0 di menit ke-41. Gol bermula dari tendangan voli Goetze dari luar kotak penalti. Tendangan itu masih bisa diblok oleh Vermeer, namun bola muntah langsung disambar oleh Robert Lewandowski.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 3-0 untuk Dortmund.

Ajax yang tertinggal tiga gol masih menunjukkan semangat di babak kedua. Mereka sempat mendapatkan beberapa kans lewat Boerrigter dan Eriksen. Namun, acap kali peluang mereka berakhir di tangkapan Roman Weidenfeller atau melenceng tidak tepat sasaran.

Di tengah usaha untuk menciptakan gol pertama itu, gawang Ajax justru malah kebobolan lagi.

Pada menit 67, Goetze melepaskan sebuah umpan lambung dari sisi kiri. Bola melewati beberapa bek Ajax dan diterima oleh Lewandowski di sisi kanan. Usai menahan bola sejenak, penyerang asal Polandia itu melepaskan tendangan voli kaki kanan dari sudut sempit. Gawang Vermeer bergetar lagi.

Ajax akhirnya mendapatkan satu gol pada menit ke-86. Umpan dari Eriksen diterima oleh Danny Hoesen. Ia kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dari sisi kiri kotak penalti. Gol ini kemudian menjadi satu-satunya gol De Amsterdammers pada laga ini.

Laga berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Dortmund. Mereka pun memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sementara, Ajax masih harus memperebutkan tiket bermain di Liga Europa dengan Manchester City.

Dortmund memuncaki klasemen Grup D dengan nilai 11, dan dipastikan lolos dengan status juara grup. Sementara, Ajax berada di posisi tiga dengan nilai 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya