SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tito Vilanova. dok JIBI/SOLOPOS/Reuters

CATALUNYA—Kabar buruk sedang melanda Barcelona. Pelatih mereka, Tito Vilanova, bisa turun dari jabatannya secara terpaksa setelah tumor yang dideritanya tahun lalu kembali kambuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Eurosport.com, pihak Barcelona memang belum memberi pernyataan resmi terkait kesehatan Vilanova. Meski demikian, mereka telah membatalkan sederet acara tahunan menjelang natal, seperti tradisi makan siang bersama media dan mengumumkan latihan tim Rabu (19/12/2012) siang waktu setempat, tertutup bagi pers, tanpa alasan yang jelas.

Ekspedisi Mudik 2024

Klub mengaku akan memberikan pengumuman lebih lanjut dikemudian hari. Namun, salah satu bintang Barca, Xavi, dan petenis Spanyol, Rafael Nadal telah memberi sedikit bocoran melalui akun Twitter miliknya. Kedua pesohor dunia olahraga Spanyol itu turut prihatin dengan masalah yang menimpa Vilanova dan mendoakan sang pelatih lekas sembuh.

“Sangat sedih mendengar kabar itu,” tulis Xavi di Akun Twitter, Rabu.

“Seluruh kekuatan dan dukungan untuk Tito Vilanova. Kami semua bersama Anda untuk mengatasi rintangan selanjutnya,” tambah Nadal.

Menurut media-media Spanyol, Vilanova menderita tumor sejak tahun lalu. Suksesor Joseph Guardiola ini bahkan pernah menjalani operasi di bagian parotid gland (suatu kelenjar di bagian mulut), November 2011.

Akibatnya, saat ini Barca dikabarkan sedang pusing mencari sosok caretaker atau pelatih sementara menggantikan posisi Vilanova. Eks pelatih AS Roma yang juga mantan gelandang Barcelona, Luis Enrique, dikabarkan menjadi kandidat kuat pengganti Vilanova sementara.

Isu kesehatan yang dialami Vilanova ini  membuat publik Barca yang tadinya bersukacita , setelah perpanjangan kontrak ketiga bintangnya (Lionel Messi, Xavi, dan Carles Puyol) dan lampu hijau bagi Eric Abidal untuk bermain lagi, menjadi sirna.

Bersama Vilanova, Blaugrana menjadi tim dengan start terbaik di La Liga sepanjang sejarah: tak terkalahkan dalam 16 pertandingan dan memuncaki klasemen dengan 46 poin, unggul 13 poin dari rival abadinya, Real Madrid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya