SOLOPOS.COM - Syaiful Anam, tukang pasang gigi melayani pasiennya . (JIBI/Solopos/istimewa)

Tukang pasang gigi adalah profesi yang cukup unik. Meski tak sedikit dari mereka bukan berlatar belakang sarjana kedokteran, namun kemahiran mereka dalam hal menambal gigi ompong tak bisa diremehkan.

 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Madiunpos.com, MADIUN – Syaiful Anam adalah satu di antara sekian lelaki di Madiun yang jago tambal gigi ompong. Lima tahun lalu, lelaki 34 tahun ini resmi membuka usaha jasa pasang gigi di Jalan Raya Solo-Madiun, Kecamatan Jiwan. Tak disangka, usahanya itu laris manis.

 

“Alhamdulillah, pasien saya selalu ada setiap hari. Bahkan, ketika saya mudik pun, pasien rela menanti saya,” ujarnya ketika berbincang dengan Madiunpos.com di ruang kerjanya, Sabtu (21/2/2015).

 

Syaiful bukanlah seorang anak yang dibesarkan di bangku kuliah Fakultas Kedokteran untuk bisa menjadi tukang pasang gigi. Lelaki asli Jember ini menjadi jago pasang gigi karena ketekunannya belajar ilmu memasang gigi dari ayahnya. Tradisi itu mewaris secara turun-temurun di tanah kelahirannya Jember, tepatnya di Kecamatan Tempur Rejo.

 

“Dalam tradisi kami [Jember], ilmu memasang gigi itu sudah turun temurun. Saya dapatkan dari ayah saya, ayah saya dapat ilmu dari pamannya, dan seterusya,” kisahnya.

Tradisi inilah yang kemudian melahirkan sebuah daerah berjuluk para jawara pasang gigi. Hampir dipastikan, setiap ahli pasang gigi yang tersebar di Tanah Air, memiliki garis nasab dengan Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Tempur Sari.

 

“Sebab, di kecamatan kami memang banyak melahirkan para jago pasang gigi. Mereka lantas merantau ke kota-kota besar di Tanah Air untuk membuka usaha jasa pasang gigi dan mewariskan kepada anak-anaknya,” paparnya.

 

Tak sedikit para jago pasang gigi yang merantau, kembali dengan kesuksesan. Mereka membuktikan diri bahwa hanya berbekal ilmu warisan orang tuanya, mampu membuat mereka sukses.

 

“Kalau pas Lebaran, rumah-rumah tukang pasang gigi di jember banyak mentereng kendaraan mewah. Itu hasil kerja sebagai tukang pasang gigi,” paparnya.

 

Lantas apa rahasia sukses para tukang pasang gigi? Syaiful mengaku tak ada rahasia. “Rahasianya ya pelayanan yang baik, kualitas pemasangan gigi yang benar sesuai standar. Itu saja,” paparnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya