SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos) — Pencuri beraksi di rumah milik Ardiansyah, 35, di Jl Hasanudin No 28B RT 01/RW XI Purwosari, Laweyan, Jumat (25/12). Dalam menjalankan aksinya pelaku berpura-pura menjadi tukang karpet.
Pencuri menggondol enam buah jam tangan dan perhiasan emas seberat 150 gram hingga mengakibatkan korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Informasi yang dihimpun Espos di Mapoltabes Solo, Sabtu (26/12), menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.
Ketika itu, korban bersama keluarganya sedang tidak ada di rumah dan bepergian ke Yogyakarta. Di rumah tersebut hanya ada pembantu rumah tangga (PRT), Temi, 30, penduduk Gunungkidul. Pelaku datang ke rumah tersebut dan berpura-pura sebagai tukang karpet yang hendak mengganti karpet di rumah tersebut.
Karena penampilannya cukup meyakinkan, PRT itu tidak menaruh curiga terhadap pelaku. Bahkan, untuk meyakinkan PRT, pelaku berpura-pura menghubungi korban. Merasa majikannya telah mengetahui ada tukang karpet yang datang, Temi mempersilakan pelaku masuk ke rumah itu.
Pelaku akhirnya bisa masuk ke dalam rumah tersebut. Saat Temi lengah, pelaku beraksi dan menjebol almari yang ada di rumah. Dia menggondol barang-barang berharga milik korban yaitu enam buah jam tangan yang nilainya diperkirakan Rp 50 juta serta perhiasan 150 gram senilai Rp 40 juta.
Aksi pencurian itu baru diketahui sore hari. Akhirnya korban melaporkan kasus itu ke Polsek Laweyan. Kapoltabes Solo Kombes Pol Joko Irwanto melalui Kapolsek Laweyan AKP Sukidi membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia menyatakan, dalam menjalankan aksinya pelaku mencari kelengahan korban.
“Jadi modusnya memang seperti itu, berpura-pura ganti karpet kemudian mencari kelengahan. Kalau soal kerugian masih diinventarisasi dan diperkirakan puluhan juta rupiah,” ujar Sukidi saat dihubungi Espos.
Dia mengimbau, masyarakat untuk waspada terutama dengan orang asing yang baru dikenal agar tidak mudah percaya. Selain itu, pemilik rumah yang ditinggal pergi liburan juga harus diawasi. dni

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya