Kategori: Leisure

Tujuh Makanan Ini Sebaiknya Dihindari


Solopos.com/Nancy Juanita/JIBI/Kabar24
Foto Ilustrasi Muffin. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA— Mengatur pola makan sangat penting untuk mendapatkan tubuh sehat. Pasalnya, tubuh memerlukan zat gizi untuk dapat bekerja dengan baik.

Berikut ini tujuh makanan yang seharusnya dihindari, namun faktanya kerap dikonsumsi sehari-hari seperti dilansir news.com.au dan dikutip Kabar24.com Selasa (13/8).

1.Makanan ringan dari beras
Tak masalah jika beras dibuat menjadi makanan ringan seperti kue, krupuk, atau jenis makanan lain. Namun, beras merupakan sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik tinggi. Hal ini membikin kadar glukosa dan kadar hormon insulin meningkat cepat yang memicu penyimpanan lemak di tubuh.

2. Roti putih
Walaupun kerap diklaim memiliki serat dan zat gizi tambahan, roti putih masih tidak sebaik roti gandum. Jika Anda ingin memakan roto tawar, sebaiknya roto tawar gandum.

3.Minuman kaya rasa
Bila Anda ingin mendapatkan zat gizi yang cukup, lebih baik mengonsumsi makanan berupa biji-bijian, buah, dan sayur. Jangan minum minumanyang sudah ditambah beberapa rasa, gula atau zat yang diklaim menambah energi. Lebih baik minum air putih.

4. Muffin dan roti pisang
Jangan Anda pikir makan muffin dan roti pisang aman karena mengandung kalori yang rendah. Makanan ini mengandung lebih dari 60 gram karbohidrat, atau setara dengan sepotong pisang yang memiliki lebih dari 60 gram karbohidrat, juga setara dengan sepotong roti. Kalori yang ada pada muffin setara dengan 4 sendok gula.

5. Makanan ringan dari keju
Makanan ringan dari keju bukanlah makanan ringan yang baik untuk tubuh, karena makanan ini umumnya ditambah MSG, karbohidrat olahan. Khusus untuk anak-anak butuh makanan ringan tanpa MSG dan karbohidrat olahan.

6. Yoghurt dingin
Kedengarannya yoghurt adalah makanan sehat, namun yoghurt manis memiliki gula sebanyak gula pada es krim. Kalorinya pun sama banyaknya dengan es krim, khususnya yoghurt yang ditambah sirop, kacang, dan bahan tambahan lain.

7. Cokelat
Cokelat yang mengandung berbagai bahan makanan seperti gula, minyak sayur, adalah makanan tak sehat karena mengandung banyak lemak ‘jelek’. Bahkan kandungan lemaknya lebik jelek dibanding lemak dari kacang.

Share