Tujuh Kecamatan di Gunungkidul Jadi Kantong Kemiskinan, Mana Saja?

Tujuh kecamatan di Kabupaten Gunungkidul terpetakan menjadi wilayah kantong kemiskinan.

 Ilustrasi kemiskinan ekstrem. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemiskinan ekstrem. (Freepik.com)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, mendata sedikitnya 6.390 keluarga masuk dalam kategori miskin ekstrem. Ribuan keluarga miskin ekstrem ini tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah Gunungkidul.

Setelah dipetakan setidaknya ada tujuh wilayah kecamatan menjadi kantong kemiskinan di Gunungkidul.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Ajie Saksono, mengayakan Bappeda kini sedang menyusun Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RKPD) 2022-2026. Ada delapan indikator untuk menetapkan suatu wilayah menjadi kantong kemiskinan.

Delapan indikator ini meliputi jumlah penduduk miskin, nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM), nilai Indeks Desa Membangun (IDM), Kalurahan Rawang Pangan, keberdaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jumlah sanitasi tidak layak, akses sumber air tak layak, dan tidak mempunyai akses listrik.

Baca Juga: Wow! Kerangka Manusia Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Gunungkidul

“Dari berbagai indikasi ini maka ada tuju kapanewon [kecamatan] yang masuk sebagai wilayah kantong kemiskinan,” kata dia, Senin (15/8/2022).

Ketujuh kapanewon atau kecamatan yang menjadi kantong kemiskinan meliputi Saptosari, Playen, Gedangsari, Nglipar. Selain itu, ada Kecamatan Ponjong, Tepus dan Karangmojo. Meski demikian, ia belum bisa memberikan detail terkait dengan jumlah keluarga miskin di tujuh kapanewon ini.

Ajie berdalih masih memperbarui data sehingga harus dicermati secara lebih mendalam. Namun, ia memastikan akan ada upaya penanganan terhadap masalah kemiskinan. Langkah awal dilakukan penyusunan Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah 2022-2026.

Baca Juga: Geger! Mobil Terparkir 5 Tahun di Jogja Tiba-Tiba Terbakar, Kok Bisa?

Diharapkan program kerja ini selesai pada Oktober mendatang sehingga dapat diserahkan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah untuk menetapkan program prioritas dalam penanggulangan.

“Mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” katanya.

Upaya penanggulangan ada empat aksi dan tiga pasti yang harus dijalankan. Yakni, meliputi pengidentifikasian akar permasalahan kemiskinan; memastikan ketepatsasaran melalui data yang baku terpadu dan terbaru; diperlukan langkah-langkah intensifikasi dan inovasi dalam penganggulangan; serta terus memperkuat kemitraan dan koordinasi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam upaya penanggulangan.

Untuk tiga pasti meliputi penentuan wilayah prioritas kemiskinan; melakukan desk pemantauan; serta apresiasi dan publikasi atas inovasi bagi lembaga yang melakukan kegiatan dalam upaya pengurangan kemiskinan.

Baca Juga: Damkar Jogja Catat 8 Bulan Ada 37 Kebakaran, Kejadian Meningkat di Juli

“Angka kemiskinan di Gunungkidul sebesar 17,6 persen. Sedangkan yang masuk kemiskinan ekstrem ada 6.390 keluarga,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Sosial P3A) Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, ada program basis satu data dari Pemerintah Pusat. Rencananya, seluruh warga akan dimasukan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.

Hingga sekarang yang masuk dalam data ini sebanyak 584.387 jiwa.

“Prosesnya melalui aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial Next Generation [SIKS-NG]. Tapi, nantinya tidak semua mendapatkan bantuan karena ada pengelompokan warga yang layan dan tidak layak menerimanya,” kata Asti.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 7 Wilayah di Gunungkidul Ini Jadi Kantong Kemiskinan

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pertandingan Futsal UPN Veteran Jogja Berakhir Ricuh, 10 Mahasiswa Luka-Luka

      Pertandingan futsal antarprodi di Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta berujung tawuran dan mengakibatkan sepuluh orang mengalami luka-luka.

      Ditinggal Salat di Masjid, Rp60 Juta di Jok Motor Milik Warga Kulonprogo Raib

      Uang puluhan juta rupiah yang ada di dalam jok sepeda motor milik warga Kulonprogo hilang saat ditinggal salat zuhur.

      Miris! Gedung SDN di Bantul Ini Nyaris Roboh, Murid & Guru Waswas

      Para murid dan guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sawit di Dusun Sawit, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, waswas karena gedung sekolahnya nyaris roboh.

      Sebut Polisi Jadi Pelaku Utama di Kanjuruhan, Mahasiswa: Harus Tanggung Jawab

      Puluhan mahasisa Jogja menggelar aksi unjuk rasa di Mapolda DIY dengan tuntutan supaya polisi bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan.

      Identifikasi Benda Cagar Budaya, Museum Sonobudoyo Beli Alat Canggih dari Eropa

      Museum Sonobudoyo Yogyakarta mendatangkan alat canggih dari Eropa untuk mendeteksi ribuan benda cagar budaya yang belum teridentifikasi secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Guyur Jogja dari Siang sampai Malam Hari

      Simak prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Kamis 6 Oktober 2022.

      Catat! Ada Karnaval Wayang, Jalan di Kawasan Tugu Jogja Ditutup

      Sejumlah jalan di kawasan Tugu Pal Putih Jogja bakal ditutup selama gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) berlangsung.

      Kanjuruhan Jadi Perhatian Dunia, Muhammadiyah: Tim Pencari Fakta Harus Objektif

      PP Muhammadiyah minta Tim Pencari Fakta bekerja secara terbuka dan objektif dalam menginvestogasi tragedi Kanjuruhan Malang.

      Motor Tabrak Pohon di Jalanan Sleman, 1 Orang Meninggal & 1 Orang Terluka

      Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Raya Magelang-Sleman Km 16,5 tepatnya di sebelah utara dealer Mitsubishi Fuso, Margorejo, Kapanewon Tempel, Sleman.

      5 Wisata Instagramable & Estetik di Jogja, Enggak Cuma Malioboro!

      Berikut terdapat rekomendasi wisata instagrambale dan estetik yang ada di Jogja selain Malioboro.

      Ditinggal ke Pasar, Rumah di Semanu Gunungkidul Ludes Terbakar

      Satu rumah di Dusun Kuwon Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, ludes terbakar saat ditinggal pemiliknya kerja.

      Dua Sepeda Motor Kecelakaan di Kulonprogo, 1 Orang Meninggal Dunia

      Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua kendaraan bermotor terjadi di Jalan Raya Nanggulan-Mendut, tepatnya di Padukuhan Kedondong, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo.

      Prakiraan Cuaca Rabu, Jogja Diterjang Hujan Deras Sejak Siang Hari

      Simak prakiraana cuaca di Kota Jogja pada Rabu 5 Oktober 2022.

      Kenal Lewat Aplikasi Jodoh, Motor Milik Gadis Bantul Digondol Pacar Barunya

      Seorang gadis asal Bantul kehilangan sepeda motornya saat sedang berkencan dengan pacar barunya yang baru dikenal lewat aplikasi perjodohan.

      Kawanan Kera Ekor Panjang Serang Kebun Buah Mangunan & Lahan Warga di Bantul

      Kawanan kera ekor panjang menyerang dan mencari makan di Kebun Buah Mangunan yang ada di Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.