SOLOPOS.COM - Tugu Sepuser di Temanggung. (Instagram/@temanggungku)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Tugu Sepuser yang berlokasi di perbatasan Desa Soropadan dengan Desa Kupen di Kecamatan Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah, diklaim sebagai titik nol kilometer (0 km) Pulau Jawa.

Hal ini dikarenakan Tugu Sepuser disebut berada di tengah-tengah Pulau Jawa. Bersumber dari situs resmi milik Pemkab Temanggung, seorang spiritual bernama Ki Kusumo, juga membenarkan hal tersebut. Tetapi, untuk persisnya bergeser setengah meter dari tugu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tugu Sepuser yang diklaim titik 0 km Pulau Jawa ini konon katanya telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Pada awalnya, tugu ini terbuat dari batu bata berukuran besar yang diyakini dibuat pada masa Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Vaksin Booster, yang Mulai Diberikan Hari Ini

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, Tugu Sepuser Temanggung dipercaya juga titik persimpangan antara Gunung Sumbing dan Gunung Merapi dengan Laut Utara dan Laut Selatan Jawa.

Dalam artikel tersebut juga disebutkan bangunan Tugu Sepuser yang asli di bagian atasnya terdapat sebuah batu yang berbentuk pusar, artinya tengah-tengah. Tetapi, saat ini telah berubah dan bahan batu bata tak diketahui keberadaannya.

Ada pula yang menyebutkan Tugu Sepuser sudah ada sejak nenek moyang masyarakat setempat. Sebagaimana dijelaskan oleh pengelola akun Instagram @temanggungku dalam unggahannya pada 18 Juni 2017.

Baca Juga:  Dipijat Jan Ethes, Kaesang Pangarep Auto Diteriaki Netizen

“Cerita ini dikuatkan oleh Kepala Desa Soropadan Kusnindaryanto, bahwa Tugu Sepuser ini keberadaannya sudah ada sejak nenek moyang mereka. Namun, bangunan tugu ini sudah dipugar oleh seseorang dari Jakarta dengan menggunakan bahan keramik sehingga tampilannya tampak lebih modern,” ungkap dia menceritakan Tugu Sepuser Temanggung.

Sementara itu, dalam artikel yang ditulis di situs Goodnewsfromindonesia.id, titik tengah Pulau Jawa justru bukan terletak di Tugu Sepuser, melainkan di sebuah daerah di Wonosobo. Lokasi persisinya berada di Wonokromo, Mojotengah, Wonosobo.

Baca Juga: Potret Sisa Bangunan Hotel Pertama di Solo

Titik tengah Pulau Jawa yang disebutkan di Wonosobo tadi lokasinya tak jauh dari wisata Dataran Tinggi Dieng, yang jaraknya hanya 21 km ke arah utara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya