SOLOPOS.COM - Kondisi tugu Pagar Nusa di Sambungmacan, Sragen setelah dilempari cat putih oleh orang tak dikenal, Rabu (23/9/2020). (Istimewa/Rohmad)

Solopos.com, SRAGEN — Tugu perguruan silat Pagar Nusa yang berada di depan Balai Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dilempari cat oleh orang tidak dikenal pada Rabu (23/9/2020) dini hari.

Belum diketahui siapa pihak yang bertanggung jawab terkait pelemparan cat ke tugu Pagar Nusa itu. Akibat lemparan cat berwarna putih itu, simbol organisasi dan tulisan di permukaan tugu itu menjadi tidak jelas terbaca. Lemparan cat itu juga merusak warna asli dari tugu yang didominasi warna hijau dan hitam.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Sambungmacan, Rohmad Supartianto, mengatakan kondisi tugu masih bersih saat anggotanya melintasi lokasi sekitar pukul 01.00 dini hari.

Ekspedisi Mudik 2024

"Pada pukul 02.00 WIB, polisi yang berpatroli juga lewat lokasi dan kondisi tugu juga belum dirusak. Pada pukul 02.30 WIB, ada warga yang pergi ke pasar dan mendapati tugu masih utuh. Jadi, kemungkinan perusakan tugu itu terjadi antara pukul 03.00 WIB hingga subuh," ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (23/9/2020).

Kisah Mbah Sarikem Wanita Tertua di Sragen, Usianya 1,1 Abad

Informasi adanya penodaan tugu Pagar Nusa itu terdengar oleh aparat Polsek Sambungmacan dan Koramil Sambungmacan. Bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Plumbon, aparat TNI dan Polri mengecek kondisi tugu tersebut.

Tak Perpanjang Masalah

Hasil musyawarah dengan Pemdes Plumbon bersama Polsek dan Koramil, kerusakan tugu Pagar Nusa di Sambungmacan Sragen akibat dilempar cat itu tidak boleh diperpanjang. Kerusakan tugu itu akhirnya diperbaiki bersama oleh lebih dari 30 anggota Pagar Nusa Sambungmacan pada Rabu siang.

Tidak Dilayani Karena Tak Bermasker, Wanita Ini Nekat Ngamuk di KFC

"Sebelumnya, kawan-kawan kami dari berbagai daerah mau ke sini. Mereka ada yang dari Sukodono, Karanganyar, hingga Nganjuk di Jawa Timur. Tapi, mereka tidak saya bolehkan datang ke sini. Kami minta mereka tidak terpancing emosi karena pelemparan cat itu adalah bentuk provokasi," ujar Rohmad.

Melalui video singkat, Rohmad juga membuat imbauan yang ditujukan kepada sesama anggota Pagar Nusa di manapun berada. Dalam video itu, Rohmad meminta anggota Pagar Nusa bisa menjaga Sragen tetap kondusif mengingat tak lama lagi akan digelar Pilkada Sragen 2020.

Tenang! Ganti Rugi Tol Solo-Jogja di Klaten Ditarget Rampung Juni 2021

Dia meminta sesama anggota untuk tidak terprovokasi oleh aksi pengrusakan tugu yang menjadi simbol organisasi tersebut. "Tetap jaga perdamaian. Tahan diri dan jangan terprovokasi," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya