Tutup Iklan

Tugu di Tol Madiun Bikin Penasaran, Begini Bentuk dan Penjelasannya

Tugu Iconic di Gerbang Tol Madiun dianggap mirip palu arit.

 Tugu Iconic di simpang susun Gerbang Tol Madiun. (Jasa Marga/Detik.com)

SOLOPOS.COM - Tugu Iconic di simpang susun Gerbang Tol Madiun. (Jasa Marga/Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Tugu di simpang susun Gerbang Tol Madiun bikin banyak orang penasaran. Bentuknya yang abstrak membuat orang memersepsikannya macam-macam. Yang viral adalah tugu itu dianggap menyerupai  palu arit yang menjadi lambang partai terlarang, PKI.

Tugu yang diberi nama Tugu Iconic berwarna putih itu terdiri dari dua bangunan. Bangunan pertama seperti menara/tiang yang menjulang tegak ke langit. Bangunan kedua berupa menara/tiang tapi melengkung mengitari menara pertama.

Bentuk ini yang oleh sebagian orang dianggap menyerupai palu arit. Terlebih lokasi tugu ini masuk di wilayah Kabupaten Madiun yang sempat distigmakan dengan PKI. Menanggapi kabar tersebut, Jasa Marga memberikan penjelasan.

Seperti dikutip madiunpos.com dari detik.com, Senin (10/2/2020), PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) selaku kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Ngawi-Kertosono menyanggah bahwa tugu tersebut menggambarkan palu arit.

Bupati Tegaskan Tidak Ada Embrio PKI di Madiun

Mereka menyebut Tugu Iconic menggambarkan logo perusahaan yang berfungsi sebagai branding perusahaan. Tugu ini juga diharapkan sebagai penanda bagi pemakai jalan yang belum mengetahui akses Gerbang Tol Madiun.

Direktur Utama PT JNK, Dwi Winarsa, menjelaskan sejak 9 Mei 2018 lalu, PT JNK resmi menyandang nama baru yang sebelumnya bernama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). Hal ini juga mendasari dibuatnya Tugu Iconic tersebut agar masyarakat dapat lebih mengenal dekat pengelola jalan tol yang masuk ke dalam Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 88 Km tersebut.

"Dilihat dari sisi sudut tertentu Tugu Iconic membentuk huruf J-N-K. Tugu menjulang vertikal jika dilihat dari arah barat ke timur membentuk huruf 'J'. Lengkung jalan tol yang melingkar jika dilihat dari atas akan membentuk huruf 'N'. Serta yang terakhir, secara keseluruhan jika dilihat dari arah SS Madiun ke arah timur akan membentuk huruf 'K'," jelas Dwi.

Pasutri Asal Bantul Datangi Madiun Cari Makam Kakek yang Dibunuh PKI

Tidak hanya itu, Dwi juga menjelaskan bentuk Tugu Iconic ini juga berasal dari logo JNK yang memiliki dasar warna putih biru, putih, dan kuning.

"Filosofi logo JNK berbentuk lingkaran biru yang melambangkan bahwa dalam menjalankan bisnis, perusahaan mengikuti kaidah-kaidah universal yang berlaku (global act). Tugu putih menjulang melambangkan bahwa Perusahaan berorientasi pada pertumbuhan shareholder value, dan peningkatan prosperity stakeholder dengan memperhatikan prinsip good corporate governance. Sementara itu, lengkung jalan tol berwarna kuning melambangkan perusahaan senantiasa memberikan layanan jalan tol terbaik yang berorientasi kepada pelanggan (customer service satisfaction)," ujar Dwi panjang lebar.

Terkait dengan lokasi penempatan tugu di SS GT Madiun, Dwi menjelaskan bahwa GT Madiun merupakan akses strategis keluar masuk kendaraan yang akan menuju Kota Madiun, Ponorogo, Magetan, Pacitan, dan sekitarnya, serta di pintu tol tersebut akan dibangun gedung Kantor Pusat PT JNK.

Di Ponorogo, Jokowi Tepis Hoaks Soal PKI yang Menimpanya

"Selain itu, kami mencatat di GT Madiun memiliki volume lalu lintas tertinggi dibandingkan dengan GT lainnya seperti Caruban maupun Nganjuk," tambahnya.

Pembangunan Tugu Iconic yang telah berdiri saat ini merupakan tahap pertama dan akan diselesaikan segera.

"Pembangunan Tugu Iconic akan dilengkapi dengan penambahan huruf JNK tinggi sekitar 1,5 meter dari bahan akrilik dengan pencahayaan tinggi. Huruf JNK tersebut ditempatkan sebelah kanan tugu dan pelaksanaannya akan dikerjakan pada tahun ini," tutupnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pemkot Madiun Bikin Majelis Taklim Khusus Janda, Ini Tujuannya

Maidi menuturkan saat ini ada sekitar 20.000 janda maupun duda yang ada di Kota Madiun.

Pasutri Bertengkar di Jalan Madiun, Polisi Tak Lanjut Proses Hukumnya

Polisi tak memproses hukum kasus pertengkaran suami istri di Madiun yang viral karena kedua pihak tak membuat aduan.

Ini Penyebab Dua Sejoli Viral Gara-gara Bertengkar di Tepi Jalan Madiun

Video pertengkaran dua sejoli berstatus suami istri di tepi Jalan Raya Madiun-Ponorogo Kabupaten Madiun dan viral di dunia maya itu dipicu perselingkuhan.

Viral! Dua Sejoli Bertengkar di Tepi Jalan Madiun, Gara-Gara Pelakor?

Video perempuan bertengkar dengan pria viral di media sosial dan pesan aplikasi WhatsApp diduga dipicu keberadaan perebut laki orang atau dikenal istilah pelakor.

APBD Ponorogo Tahun 2022 Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Raperda tentang APBD Kabupaten Ponorogo tahun 2022 telah disetujui terkait program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Ponorogo.

Robyek, Pria Ponorogo Bongkar Makam Istri Ternyata Alami Gangguan Jiwa

Warga Dusun Kidul, Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Robyek, 58, yang nekat membongkar makam istrinya, Simpen, ternyata mengalami gangguan jiwa.

Hari Guru, Dinas Pendidikan Madiun Beri Penghargaan Guru Berprestasi

Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi dan inspiratif pada peringatan Hari Guru Nasional 2021.

Asale Madiun Jadi Kampung Pesilat & Kota Pendekar

Wilayah Madiun, Jawa Timur, menjadi basis pesilat sejak zaman dulu, begini sejarahnya.

Dapat Bisikan Gaib, Pria di Ponorogo Bongkar Makam Istrinya 2 Kali

Aksi pertama Robyek membongkar makam istrinya, Simpen, ketahuan warga dan diminta pulang. Masih penasaran dengan istrinya yang ia anggap masih hidup, Robyek kembali gali makam Simpen.

Pemkot Madiun Akan Bagikan 20.000 Bibit Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya?

Pemkot Madiun akan membagikan 20.000 bibit tanaman obat kunyit hitam untuk ditanam warga di pekarangan rumah masing-masing karena berkhasiat dan bernilai ekonomi tinggi.

Waduh! Tak Rela Ditinggal Mati, Pria di Ponorogo Bongkar Makam Istri

Aksi nekat dan di luar nalar dilakukan seorang pria tua di Ponorogo yang menggali makam istri karena tak rela ditinggal mati.

Khawatir, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Sentil Pemprov Jatim

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, menyentil Pemprov Jatim karena khawatir terhadap penyerapan anggaran masih rendah tahun ini.

Buka Lapangan Kerja, Pemprov Jatim Andalkan MPP Kabupaten Madiun

Pemprov Jatim berharap banyak terhadap MPP di Kabupaten Madiun karena digadang-gadang menjadi tulang punggung investasi industri padat karya di Jatim.

Ditanya Unggahan Susi, Tjahjo Kumolo Malah Singgung Kerja Wartawan

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, mengatakan sedang belajar dari wartawan saat ditanya unggahan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti, soal penataan PNS.

Jayabaya, Peramal Legend Sepanjang Masa

Prabu Jayabaya dikenal sebagai ahli ramalan sepanjang masa di Indonesia.

Ayo! Ngopi, Makan Durian, Sambil Nikmati Gunung Wilis dari Watu Rumpak

Watu Rumpak di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun menawarkan kuliner khas, yakni kopi Mendak durian pada bulan Desember hingga Januari.