SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo (pasoepati.net)

Solopos.com, JAKARTA—Badan sepak bola dunia FIFA mengapresiasi Stadion Manahan Solo sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan pada 20 Mei-11 Juni.

Apresiasi itu terkait dengan lapangan pendamping untuk latihan yang lokasinya tidak jauh dari Stadion Manahan.  Selain itu lokasi Stadion Manahan yang dekat dengan Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penilaian itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjawab pertanyaan wartawan mengenai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ajukan Pemain Naturalisasi untuk Piala Dunia U-20

Menpora mengaku telah mendapatkan tanggapan positif dari perwakilan FIFA yang sempat meninjau langsung enam stadion tersebut. “Dia melihat Manahan yang bagus, karena dekat lapangan latihannya, dekat dari bandara itu juga,” tutur Amali kepada wartawan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (21/9/2022), seperti dilansir dari Antaranews.

Menpora menyatakan FIFA masih melakukan inspeksi dan belum memberikan keputusan mengenai berapa banyak stadion yang diterima untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 nanti.

Enam stadion yang telah diinspeksi FIFA adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring (Palembang, Sumatra Selatan), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung, Jawa Barat), Stadion Manahan (Solo, Jawa Tengah), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Baca Juga: Jumlah Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Mungkin Berkurang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan Menpora beserta jajaran kementerian terkait untuk mempercepat persiapan termasuk memastikan kelayakan stadion-stadion yang diajukan agar memenuhi standard patokan FIFA.

Sejumlah perbaikan kecil perlu dilakukan di keenam stadion tersebut, mengingat penundaan Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar 2021 membuat arena-arena tersebut selama lebih kurang dua tahun terakhir dipakai untuk sejumlah kegiatan olahraga lainnya.

Di sisi lain, Menpora menegaskan belum diputuskan stadion mana yang akan menjadi lokasi upacara pembukaan maupun penutupan Piala Dunia U-20 tahun depan.

Baca Juga: Diluncurkan saat HUT ke-77 RI, Ini Makna Lambang Piala Dunia U-20 2023

“Kita ini hanya kasih tempat, enggak ada kekuasaan apa-apa. Semua ini propertinya mereka kan, FIFA,” katanya.

“Setiap kejuaraan dunia… semua yang atur pertandingan, atur wasit itu FIFA. Wasit menginap di mana, pemain di mana, FIFA yang tentukan,” pungkas Amali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya