SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, PALEMBANG – Rombongan Kementerian Pemuda dan Olahraga meninjau kesiapan Sumatera Selatan sebagai calon tuan rumah pelaksana Asian Games 2019.

Rombongan Kementerian Pemuda dan Olahraga antara lain Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot Dewa Broto itu menemui Gubernur Sumsel, Alex Noerdin di Palembang, Selasa (15/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubenur mengatakan, Sumsel sudah siap menjadi tuan rumah Asian Games karena prasarana pendukung sudah tersedia.

Apalagi daerah ini sukses menjadi tuan rumah SEA Games, Islamic Solidairty Games termasuk berbagai kejuaraan dunia sehingga kesiapan tidak diragukan lagi.

Selain itu pesta olahraga Asia tersebut masih empat tahun lagi sehingga bila ada kekurangan dapat diperbaiki.

Jangankan empat tahun waktu sebelas bulan menghadapi SEA Games Sumsel siap dan penyelenggaraannya juga sukses, kata dia.

Oleh karena itu daerah ini menyatakan siap menjadi tuan rumah Asian Games karena prasana pendukung telah memenuhi syarat.

Bahkan sewaktu kunjungan tim Dewan Olimpiade Asia yang juga penentu pelaksanaan Asian Games lalu menyatakan Sumsel paling siap dibandingkan dengan daerah lain.

Sehubungan itu mengenai kesiapan Sumsel tersebut dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaksanakan paparan di Kuwait bersama Ketua KOI dan KONI Pusat.

Memang, lanjut gubernur, ada tiga provinsi yang mengajukan menjadi tuan rumah Asian Games termasuk Sumsel yakni Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Untuk DKI Jakarta kondisinya macet, sementara Bandung belum begitu banyak menyelenggarakan kejuaraan internasional.

Yang jelas, Sumsel paling siap dari provinsi lain juga mengusulkan menjadi tuan rumah, karena tempat pertandingannya terpusat dan daerah ini memiliki wisma atlet.

Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan, kehadiran di Sumsel sesuai perintah Menteri Pemuda dan Olahraga untuk melihat kesiapan Sumsel sebagai salah satu dari tiga daerah calon tuan rumah.

Memang, lanjut dia, Sumsel cukup siap menjadi tuan rumah Asian Games.

Apalagi beberapa waktu lalu tim dari Dewan Olimpiade Asia berkunjung ke daerah ini dan menyatakan fasilitas pendukung tidak diragukan lagi.

Sehubungan itu pihaknya akan menyampaikan kesiapan Sumsel tersebut kepada Menpora, tambah dia.

Dalam pertemuan itu antara lain hadir Ketua Umum KONI Sumsel Muddai Madang, Ketua Harian Dhennie Zainal dan Sekretaris Maryama Bustam serta pengurus lainnya. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya