Tutup Iklan
TSTJ Solo Mulai Buka 19 Juni, Tutup Setiap Jumat Kecuali Besok
Petugas antre masuk dengan menerapkan jarak aman saat mengikuti simulasi kenormalan baru di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (18/6/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Manajeman Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo kembali buka alias menerima kunjungan, Jumat (19/6/2020), setelah tiga bulan tutup.

Pembukaan kembali TSTJ akan dilakukan oleh Wali Kota Solo besok pukul 08.00 WIB. Sedangkan seterusnya setiap Jumat kebun binatang kebanggaan masyarakat Solo ini tutup untuk memberi kesempatan satwa koleksi TSTJ beristirahat.

Sementara itu, pada Kamis (18/6/2020) sore, manajemen TSTJ Solo melakukan gladi bersih penerimaan kunjungan dengan pantauan langsung dari Gugus Tugas Covid-19 Solo dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

Tiga Ponpes di Karanganyar Terima Santri Lagi, Ini Pesan Kemenag

Informasi yang dihimpun Solopos.com, sekitar 100 pemilik tiket melakukan konfirmasi kunjungan melalui website resmi di pembukaan hari pertama pada masa pandemi Covid-19.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengatakan TSTJ kembali buka dan menerima kunjungan dengan menyediakan berbagai sarana untuk pendukung penerapan protokol kesehatan.

TSTJ kini dilengkapi 40 titik sarana cuci tangan, bilik disinfektan, penanda untuk jaga jarak, dan penyemprotan disinfektan area TSTJ. Sekitar 100 orang telah melakukan konfirmasi kunjungan hari pertama pembukaan kembali TSTJ melalui www.solozoo.id.

Wow, Konten Netflix Bakal Tayang di TVRI Mulai Akhir Pekan Ini!

TSTJ Solo Tutup Setiap Jumat

Website resmi untuk mengisi jadwal kunjungan yang dibagi dalam dua periode per hari. Kami membatasi kunjungan maksimal 500 orang per periode pagi atau siang. Beli tiket masuk juga bisa dilakukan melalui website atau datang langsung,” katanya kepada Solopos.com, Kamis.

Dia menjelaskan selama kembali buka, TSTJ akan tutup setiap Jumat mulai pekan depan untuk menyediakan waktu istirahat koleksi satwa. Bimo mengimbau setiap pengunjung disiplin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, dan tidak membawa makanan masuk area TSTJ.

Diberitakan sebelumnya, meski TSJT kembali buka, pembukaan berlaku terbatas hanya untuk warga berusia di atas 18 tahun. Anak-anak dan ibu hamil belum diperbolehkan mengunjungi tempat wisata itu.

Hore! Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 4,25 Persen

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, beberapa waktu lalu, mengatakan pengunjung TSTJ diwajibkan memakai masker dan mengikuti prosedur pengecekan suhu tubuh. Selain itu, pengunjung wajib mencuci tangan pakai sabun.

Pengunjung di dalam kebun binatang juga dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas semula. Waktu kunjungan juga terbatas atau dibagi beberapa kelompok.

“Kami terus dikejar masyarakat. Mereka sudah jenuh di rumah, tapi sementara buat sarana edukasi orang tua, bukan anak-anak. Mereka sampai di rumah terus cerita ke anak-anaknya. Ini juga sekalian untuk sumbangsih TSTJ. Pendapatan dari uang tiket bisa untuk operasional memberi makan hewan koleksi. Jadi berkat buat dia,” kata Rudy.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho