Pengunjung menaiki gajah di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Selasa (1/1/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) alias Solo Zoo memfokuskan program perbaikan kandang dan sarana prasarana serta pelatihan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2020 ini.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar belum lama ini, perbaikan kandang TSTJ bakal menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) yang dihimpun dari sejumlah perusahaan.

Sementara secara garis besar, rencana kerja selama lima tahun ke depan adalah meningkatkan status TSTJ menjadi lembaga konservasi tipe A.

Direktur Utama Perusahaan Daerah TSTJ Solo, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengatakan untuk menuju lembaga konservasi tipe A maka TSTJ membutuhkan dana sekitar Rp165 miliar.

Namun, saat ini pihaknya baru merancang anggaran senilai Rp60 miliar untuk mengkaver rencana bisnis lima tahun ke depan.

“Rencana bisnis lima tahun itu kami finalisasi pada akhir Januari ini. Sehingga, rencana 2021 sampai 2024 itu nyambung. Intinya kami meningkatkan 3A yakni atraksi, akses pengunjung, dan amenitas,” kata dia, kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (31/12/2019).

Bimo mengatakan sesuai arahan Presiden, jika TSTJ jadi lembaga konservasi tipe A maka dapat dikembangkan menjadi research zoo yang bekerja sama dengan berbagai pihak.

Termasuk lembaga konservasi luar negeri untuk pengembangbiakan dan pelestarian satwa dilindungi.

“Area komersial juga akan dikembangkan kerja sama dengan pihak ketiga, kan beda lahannya. Sumber dana sedang kami kaji. Sesuai Perda (Peraturan Daerah) bisa dari APBD, APBN, hibah, maupun CSR atau pendapatan sah lainnya. Nanti kami akan gali dan petakan,” ucap Bimo.

Ia menyampaikan kawasan TSTJ yang memiliki luas 14 hektare dibagi menjadi tiga area, yakni konservasi, komersial, dan fasilitas umum.

Baca pula: Viral Tengkleng Mbok Wulan Solo: Enak, Seporsi Cuma Rp10.000

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo berharap dengan sejumlah perbaikan dan program yang dilakukan jajaran Direksi TSTJ, target pengunjung bisa bertambah dan membukukan pendapatan fantastis dari tahun ke tahun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten