SOLOPOS.COM - Truk terguling di Jalan Raya Nasional Gumitir pada Senin (22/4/2024), sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang hingga 4 km. (ANTARA/HO-Polsek Sempolan)

Solopos.com, JEMBER – Truk pengangkut gabah terguling di Jalan Raya Gunung Gumitir KM 36 di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (22/4/2024) pagi. Akibatnya jalur perbatasan antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi di kawasan Gumitir itu mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Ini merupakan kecelakaan lalu lintas kedua di lokasi yang sama pada tiga hari terakhir. Sebelumnya, truk pengangkut ikan juga terguling di Jalan Raya Gunung Gumitir Km 36 pada Sabtu (20/4/2024) malam. Penyebabnya badan dan bahu jalan di KM 36 retak.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sopir truk pengangkut gabah, Amin, mengatakan kondisi jalan miring akibat jalan yang retak tersebut membuat ia tidak bisa menguasai kemudi hingga menyebabkan truk terguling.

“Kondisi jalannya sangat parah, sehingga kami berharap ada segera perbaikan jalan di jalur Gumitir, tepatnya di KM 36 tersebut, agar tidak ada lagi truk yang terguling,” kata dia, Senin.

Petugas akan melakukan buka tutup jalan di jalur Gumitir setelah berhasil mengevakuasi truk yang terguling, kemudian jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Banyuwangi akan dibuka total setelah truk bisa ditarik ke tepi.

“Mudah-mudahan proses evakuasi secara manual bisa dilakukan secepatnya agar kemacetan di jalur Gumitir bisa terurai,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Anggota Polsek Sempolan, Aipda Anton, mengatakan truk yang mengangkut gabah terguling di tengah jalan di KM 36. Kondisi ini menyebabkan akses arus lalu lintas sementara ditutup total untuk melakukan evakuasi truk terguling.

Dia menjelaskan proses evakuasi truk yang terguling secara manual dengan alat seadanya, yakni menarik badan truk menggunakan tali, sehingga membutuhkan waktu yang agak lama.

“Estimasi kemacetan diprediksi sudah mencapai empat kilometer baik dari arah Jember maupun Banyuwangi, sehingga kami imbau pengendara roda dua dan empat untuk bersabar karena petugas masih mengevakuasi truk yang terguling,” katanya.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal terguling truk yang mengangkut gabah karena sopir truk dalam keadaan selamat dan tidak mengalami luka-luka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya