Tromarama Hadirkan Lost Jungle di Museum Macan

Museum Macan mengumumkan karya komisi terbaru untuk Ruang Seni Anak Komisi UOB yang menampilkan kelompok kolektif perupa asal Indonesia, Tromarama.

 The Lost Jungle, kolektif perupa Tromarama (Istimewa Museum Macan)

SOLOPOS.COM - The Lost Jungle, kolektif perupa Tromarama (Istimewa Museum Macan)

Solopos.com, JAKARTA — Museum Macan mengumumkan karya komisi terbaru untuk Ruang Seni Anak Komisi UOB yang menampilkan kelompok kolektif perupa asal Indonesia, Tromarama.

Berdasarkan rilis, Jumat (3/12/2021), UOB Indonesia merupakan Mitra Utama Pendidikan dari Museum Macan. Kolaborasi antara kedua institusi ini menggambarkan dukungan antarsektor terhadap seni dan edukasi, khususnya bagi anak-anak.

Ketua Yayasan Museum Macan, Fenessa Adikoesoemo, mengundang anak-anak dan keluarga untuk mengeksplorasi keanekaragaman  hayati Indonesia di dalam museum. “Anak-anak bisa berpartisipasi dalam membuat makhluk imajiner sebagai penghuni baru dari hutan melalui situs The Lost Jungle. UOB sebagai mitra utama pendidikan Museum Macan sangat mendukung pengembangan proyek ini,” ujarnya.

Baca Juga : Grab IPO di AS, Kesejahteraan Mitra Driver Bakal Meningkat?

Museum dirancang memberi pengalaman hibrida dari instalasi fisik dan daring secara eksklusif untuk anak-anak dan keluarga. Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum Macan diharapkan dapat mengajak anak-anak untuk membayangkan kondisi terkini dari hutan.

Mereka juga bisa menggabungkan seni dan teknologi melalui sebuah instalasi digital yang imersif. Karya dari Tromarama ini diciptakan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

Sebagai perupa yang bekerja dengan teknologi, Tromarama mengeksplorasi hubungan antara manusia, alam, dan teknologi. Dengan Judul Tromarama: The Lost Jungle, instalasi ini hadir sebagai bentuk refleksi akan kekayaan flora dan fauna di Indonesia.

Kepunahan Mahluk Hidup

Di sini juga disertakan ancaman akibat kegiatan manusia terhadap lingkungan ekologis yang berimbas pada kepunahan hewan dan tumbuhan. Di dalam The Lost Jungle, anak-anak mendapatkan pengalaman berupa simulasi digital langsung dari hutan yang merespons pada keadaan cuaca terkini di Jakarta.

Ekosistem digital dan pergerakan dari makhluk penghuni hutan virtual di museum akan diaktivasi melalui data cuaca secara real time, seperti formasi awan, intensitas hujan, dan kecepatan angin. Karya lain yang ditampilkan adalah 40oC Fable (2021), yakni sajian video tiga kanal yang merespons pergerakan pengunjung melalui sebuah sensor gerak.

Sensor ini akan menangkap gerakan pengunjung di depan layar kemudian menunjukkan bahwa kegiatan manusia membawa dampak terhadap lingkungan. Ada pula katalog digital berjudul The Lost Jungle: Fauna Archive, untuk mempelajari mengenai hewan langka atau hewan yang telah punah.

Baca Juga : Unik, Sentuhan Animasi Robot GUNDAM dalam Sepeda Listrik NIU

Sementara Head of Strategic Communications and Brand, UOB Indonesia, Maya Rizano, mengaku senang UOB kembali mengambil peran di dalam Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum Macan yang keenam. “Ini adalah bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk membangun masa depan berkelanjutan di Indonesia lewat seni,” ujarnya.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Berita Terkini

Ini Dia Pembela dan Penjaga Ustaz Yusuf Mansur

Bertabur doa mengiringi postingan Yusuf Mansur pada Jumat (14/1/2022) itu.

Aktivis Yakin Terdakwa Kasus Asabri Takkan Dihukum Mati

Dalam laporan tersebut ICJR menyebut hukuman mati sama sekali tidak mempunyai dampak positif terhadap pemberantasan korupsi di suatu negara.

Menko Luhut: Perusahaan Tak Boleh WFO 100 Persen

Luhut memprediksi puncak kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022.

Jokowi Izinkan Gelaran MotoGP Mandalika Dihadiri 100.000 Penonton

Airlangga pun menyebut capaian vaksinasi di Mandalika dan wilayah sekitarnya sudah cukup tinggi.

Tidak Ada WNI Jadi Korban Tsunami Tonga, Ini Penjelasan Kemenlu

Kemlu) Indonesia menyebut tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam bencana tsunami di Tonga

15 Februari, Yusuf Mansur Jalani Sidang Dugaan Wanprestasi Batu Bara

Pada persidangan gugatan investasi hotel di PN Tangerang, Yusuf Mansur tidak hadir dan mewakilkan kepada tim penasihat hukumnya.

DKI Jakarta Jadi Medan Perang Menghadapi Omicron

Pasalnya, dia menyebut 90 persen lebih transmisi lokal varian Omicron terjadi di DKI Jakarta.

Mahfud Md. Arahkan Kasus Dugaan Korupsi di Kemenhan Diproses Pidana

Mahfud memutuskan untuk segera berhenti sekadar melakukan rapat dan mengarahkan agar kasus tersebut diproses secara hukum.

Omicron Meningkat, Kemenag Hentikan Sementara Pengiriman Jemaah Umrah

Kemeng menghentikan sementara penerbangan jamaah umrah mulai 15 Januari dalam upaya mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) termasuk memantau perkembangan varian Omicron.

+ PLUS Metaverse IKN Baru Dibangun untuk Siapa?

Pemerintah siapkan metaverse untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru dan menyebut Indonesia berpeluang mengembangkan metaverse karena memiliki latar belakang nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal

Balad Erick Thohir Bergerak Menuju Pilpres 2024

Salah satu alasan penting pihaknya mendeklarasikan Erick Thohir menjadi Capres 2024 adalah pentingnya segera mencari sosok pengganti Presiden Jokowi.

Hari Ke-30 Yasinan Yusuf Mansur, Warganet: Panik Gak Taz?

Berdasarkan pengamatan pukul 18.00 WIB, hanya ada dua akun yang berkomentar nyinyir terhadap postingan Ustaz Yusuf Mansur.

+ PLUS Candi Prambanan Sudah Bisa Menjadi Tempat Ibadah Massal Umat Hindu

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginformasikan Candi Prambanan kini bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu Indonesia dan dunia. 

Keberhasilan Transplantasi Organ Babi dan Utang Halangi Transisi Energi

Transpalansi organ babi pada manusia berhasil dan muncul permasalahan etik. Terpisah, kelebihan batu bara halangi transisi energi PLN.

+ PLUS Kelebihan Kapasitas Batu Bara dan Utang Halangi Transisi Energi PLN

Laporan terbaru Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) menjelaskan raksasa keuangan Jepang dan China bertanggung jawab atas ekspansi tenaga batu bara Indonesia yang berlebihan selama 15 tahun terakhir.

Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Inilah lokasi petilasan Ki Semar yang dianggap leluhur atau nenek moyang di Tanah Jawa.