SOLOPOS.COM - Kemuning (marioputramahkota.blogspot.com)

Kemuning (marioputramahkota.blogspot.com)

Kolesterol tinggi yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti penyempitan pembuluh darah, jantung koroner, stroke, dan tekanan darah tinggi. Untuk mengamankannya, trio herbal jati belanda, kemuning, dan tempuyung bisa jadi pilihan utama.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Kolesterol merupakan komponen asam lemak yang terdapat dalam darah. Zat ini sangat diperlukan tubuh dalam pembentukan hormon, sel, dan merawat sel-sel saraf. Namun jika dalam jumlah berlebih kolesterol menjadi ancaman serius bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian,” ujar praktisi herbal Nawirudin, saat ditemui Harian Jogja di tokonya Jl.Veteran 6A, Jogja, Kamis (19/4).

Salah satu komponen utama pembasmi kolesterol adalah daun jati belanda. Herbal ini dipercaya bisa meluruhkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tanaman yang berasal dari Amerika ini sering ditemui tumbuh secara liar di wilayah tropis seperti di Indonesia.

Jati belanda mengandung senyawa tanin, damar, triterpen, alkaloid, karotenoid, flavonoid, dan asam fenol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Senyawa tanin yang terkandung di dalamnya dapat mengendapkan mukosa protein yang ada di dalam permukaan usus halus. Dengan demikian proses terbentuknya kolesterol karena lemak dapat dicegah.

Di sisi lain, kemuning mengandung damar yang dipercaya dapat mengatasi kolesterol. Mekanismenya yakni kolesterol yang terbentuk menjadi asam empedu, berikatan dengan damar dan segera dieksresi melalui feses.

Adapun tempuyung memiliki rasa pahit dan bersifat mendinginkan. Pada prinsipnya semua bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan namun yang paling sering adalah bagian daunnya.

Herbal yang mengandungan saponin, flavonoida, politenol, alfa lactucerol, beta lactucerol, manitol, inositol, kalium, silika, dan taraksasterol ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Ketiga herbal ini dapat diramu dengan cara direbus terlebih daghulu. Rebusan daun herbal tersebut selanjutnya disaring dan diminum sehari satu gelas. Alternatif lain dapat dengan mengonsumsi kapsul Griya Herbal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

“Produk ini aman dikonsumsi setiap hari, karena terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami. Jika digunakan secara teratur dan terukur, produk herbal ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya