SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor menerjang genangan air. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Di musim hujan sebaiknya tahu trik menerjang genangan air agar motor matic kamu tidak mogok.  Motor mogok tentu jadi momok tersendiri bagi para riders. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Saat tunggangan kamu mogok, hal ini tentu sangat tidak menyenangkan karena harus mendorong motor di tengah-tengah genangan air.  Namun di satu sisi bBerkendara di jalan yang penuh dengan genangan air tinggi pasti tidak mudah terutama untuk motor matic.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun jika kamu tahu triknya, kamu bisa selamat melewati banjir yang kerap muncul di musim penghujan ini. Hal ini penting kamu ketahui terutama jika mobilitas harianmu mengandalkan sepeda motor roda dua.

Berikut beberapa trik menerjang genangan air dengan sepeda motor matic agar tidak mogok seperti dikutip dari laman Federal Oil pada Selasa (7/2/2023):

1. Jalan perlahan.

Apabila saat mengendarai motor matic dan terpaksa harus menerobos banjir maka sebaiknya berjalan perlahan.  Jika berjalan ngebut di tengah genangan air maka dikhawatirkan ada lobang, batu atau selokan yang tidak terlihat sehingga dapat membuat terjatuh. Berjalan perlahan juga dapat mencegah agar air tidak masuk di komponen kelistrikan yang menyebabkan motor matic mogok.

2. Mematikan mesin.

Trik berikutnya saat menerjang genangan air tinggi agar motor matic tidak mogok yaitu matikan mesin. Menerjang banjir yang melebihi tinggi mesin pada motor matic sangat beresiko membuat motor mogok dan merusak mesin karena air dapat masuk ke mesin. Dengan mematikan mesin saat menerjang genangan air dapat memperkecil resiko.

3. Menutup komponen.

Jika motor matic terpaksa menerjang genangan air maka akan lebih aman dengan menutup komponen-komponen menggunakan plastik untuk mencegah kemasukan air. Kabel busi dapat diikat dengan plastik atau jika ingin lebih aman busi dilepas. Knalpot dan saringan udara ditutup rapat dengan plastik. Perhatikan juga tutup oli yang harus benar-benar tertutup rapat.

4. Menjaga filter udara.

Filter udara atau lubang penyedot udara harus dijaga agar tidak kemasukan air. Saat mesin menyala maka filter udara akan terus menyedot air dari luar.

Sebenarnya, filter udara pada motor matic sudah dibuat lebih tinggi dan komponen ini sulit dimasuki air. Namun apabila komponen filter udara ini telah kemasukan air maka air harus segera dikeluarkan. Cara membuang airnya yaitu dengan membuka lubang pembuangan pada bagian bawah boks CVT dan boks filter.

5. Tunggu hingga genangan air turun.

Trik  yang paling aman untuk motor matic saat harus berjalan menerjang genangan air agar tidak mogok adalah menunggu hingga genangan air tidak terlalu tinggi.  Memang mungkin membutuhkan waktu yang lama namun dengan cara ini dapat mencegah kerusakan pada mesin dan komponen motor matic. Atau cara lain yaitu mencari jalan yang tidak tergenang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya